7 Oktober 2011

Meta Tag Judul Situs Blog Maksimal 70 karakter


Praktek SEO terbaik adalah mengoptimalkan judul dan deskripsi blog yang mengandung kata kunci (keywords) populer. Kata kunci populer adalah query yang banyak dicari orang di SERP’s dan menjadi saran dalam pencarian google. Kata kunci populer yang banyak dicari orang akan memberikan lalu lintas traffik situs blog. Semakin tinggi populeritas kata kunci akan semakin tinggi persaingan atas kata kunci tersebut.

Memenangkan persaingan kata kunci terlebih dahulu harus mengoptimalkan pada judul dan deskripsi blog dengan menggunakan meta tag script html.
Meta tag judul situs atau blog anda ditulis pada template blog . Contoh :
<title>Sumberjambe Tips Trik Rahasia SEO Bisnis Indonesia</title>

Meta tag deskripsi dapat ditulis dengan :
<meta content="Blog Sumberjambe mengupas tuntas tips trik Rahasia SEO Bisnis Indonesia dan info terbaru" name="description"/>

Semua profesional menyakini bahwa praktek terbaik SEO adalah mengoptimalkan meta tag judul blog dan judul artikel posting blog dengan jumlah maksimal 70 karakter termasuk spasi, koma dan simbol lain (misal | ; - ) jangan menulis tanda plus (+) lebih dari tiga karena ini dianggap SPAM oleh Google.

Meta Tag judul lebih dari 70 sampai dengan 150 karakter masih diperbolehkan, tetapi lebih dari 150 karakter anda mungkin mendapatkan SPAM dari Google.

Meta tag judul dan artikel blog maksimal 70 karakter dengan tujuan sebagai berikut :

1. Google hanya akan menampilkan 70 karakter pertama di SERP’s
Menggunakan meta tag judul dan artikel blog lebih dari itu, maka 70 karakter selanjutnya tidak akan tampak pada SERP’s hanya tertulis titik-titik (...). Sekarang Algoritma Google berbasis konten sehingga lebih 70 ; anda telah membuat judul untuk mesin pencari bukan untuk pengguna Google sehingga Google menghapus kata selanjutnya di SERP’s.

2. Faktor Korelasi Peringkat
Berdasarkan survey dari Cyprus di SEOmoz.org membuktikan bahwa “tag judul pada kata pertama mempunyai korelasi (hubungan) positif 0,09 persen. Meskipun kecil nilai korelasinya tetapi sangatlah besar pada salah satu faktor halaman kata kunci. Tingkat korelasi langsung pada posisi kata kunci pada tag judul sangat penting dalam penentuan query”.

Maksudnya adalah kata kunci semakin dekat pada awal tag judul semakin menjadi penting dalam penentuan query untuk kata kunci tersebut. Jika tag judul blog ini “Sumberjambe Tips Trik Rahasia SEO Indonesia Bisnis Terbaru”. Maka kata kunci Sumberjambe akan dihitung lebih besar daripada Tips kemudian Trik dan seterusnya, dalam query algoritma Google.

Sejak dulu algoritma google tetap konsisten dalam hal ini untuk peringkat kata kunci. Semua Profesional SEO dunia sudah tahu tentang kekuatan kata kunci awal pada tag judul. Jadi tag judul atau artikel blog pada karakter ke-71 dan seterusnya tidak mempunyai pengaruh dalam query kata kunci.

3. Twitter hanya memuat 140 karakter
Twitter adalah jejaring sosial sangat baik untuk berbagi konten blog anda dan ketika orang bersedia berbagi kepada teman mereka. Twitter juga sebagai sarana media promosi bisnis dan konten anda kepada jaringan anda untuk menambah traffik situs sehingga memberikan konversi terbaik pada peningkatan penghasilan anda.

Batasan jumlah karakter Twitter maksimal 140 karakter. Jadi, jika tag judul lebih dari 150 karakter kemudian orang bersedia berbagi konten anda melalui tweets otomatis atau Facebook atau lainnya, bisa dianggap SPAM oleh twitter atau Facebook sehingga orang tidak akan mau berbagi lagi konten blog anda. Tag judul yang pendek dan tajam akan bekerja lebih baik untuk anda.


Meta Tag judul blog dan posting artikel antara 71 – 150 karakter masih baik untuk membawa traffik tetapi kurang dari 70 karakter adalah aturan yang “terbaik” dalam praktek SEO. Jadi jangan anda membatasi tag judul hanya kurang dari 70 saja. Seperti yang kita ketahui bahwa aspek SEO meliputi kepentingan pengguna dan mesin pencari. Kurang dari 70 untuk kepentingan pengguna, lebih 70 untuk kepentingan bot mesin pencari.

Penampilan tag judul blog di SERP’s antara 60 sampai 70 karakter sangat bersih dan baik dengan tag deskripsi yang menarik (maksimal 140 – 150 karakter) diharapkan orang mengklik situs blog anda di SERP’s. Tag deskripsi juga mendukung tag judul blog saat kita memperoleh sukses dalam Tips dan Trik SEO di Top 10.
(Beberapa hari lalu, Google bereksperimen dalam menampilkan tag judul dan isi deskripsi terbaik dalam SERP’s dari “keseluruhan isi halaman”, ternyata sekarang kembali ke semula dengan menampilkan 140 – 150 karakter sebagai deskripsi atas query pengguna google. Tampilan “keseluruhan isi halaman” ternyata telah menurunkan tingkat relevansi pencarian sehingga tidak memenuhi harapan pengguna google atas pencarian mereka).

Kesimpulan
Meta tag judul blog maksimal 70 karakter telah menaikkan peringkat blog sumberjambe untuk kata kunci “Rahasia SEO” pada urutan 10 Google.co.id dalam 2 hari, inilah buktinya (CARI DI GOOGLE). Sebelumnya dengan judul : Sumberjambe | Tips Trik Rahasia | Info Terbaru | SEO Indonesia | Bisnis, jumlah 71 karakter sekarang 56 karakter.

Inilah beberapa percobaan saya ternyata memang membuah hasil positif sehingga traffik blog ini semakin bertambah dari arahan SERP’s Google. Jadi selalu mencoba strategi dan trik SEO yang dapat bekerja lebih untuk situs atau blog anda.

Kedua, menulis untuk pengguna. Apa yang diharapkan agar pengguna mengerti apa yang anda sampaikan sehingga kita di SERP’s memberikan sugesti yang menarik agar mereka mengklik situs blog anda.

Ketiga, ingatlah kata kunci paling penting yang dapat membawa traffik banyak anda tempatkan pada awal judul.

Salam SEO Sukses,

3 komentar:

Nice post my friend..thanks atas kunjungan dan commentnya, semoga anda juga sukses & banyak rejeki..

Tips SEO ini memang sangat berpengaruh pada index google. Ya qt sebagai blogger harus bisa menyesuaikan prosedur blogger agar optimasi dalam serp bisa maksimal dan optimal. terimakasih Kang... Sahabat lama

kalau untuk urlnya bagaimana ya sob??

Posting Komentar