Pelanggan adalah siapa saja yang menggunakan produk/jasa kita. Kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama dari bisnis. Menjaga loyalitas pelanggan tetap pada produk atau bisnis merupakan keharusan yang harus dilaksanakan dalam setiap aktifitas bisnis. Mendapatkan pelanggan lebih mudah daripada menjaga loyalitas pelanggan pada bisnis anda.
Menjaga loyalitas pelanggan dapat dilakukan dengan meningkatkan citra positif bisnis kita di mata pelanggan dengan membangun citra positif tersebut.
Tips untuk membangun citra diri positif di Mata Pelanggan :
1. Memperhatikan pentingnya kesan awal
2. Pendekatan awal dapat mempengaruhi hubungan selanjutnya. Hindari kesalahan sekecil apapun, karena akan membutuhkan banyak waktu untuk memperbaiki kesalahan tersebut.
3. Jangan membuat pelanggan lain menunggu, karena ia bisa frustasi
4. Sapalah pelanggan dengan menyebut namanya
5. Usahakan selalu bersikap ramah, sampaikan salam sesuai waktu, misalnya Selamat Pagi, ada yang bisa saya bantu?
6 Pada waktu berbicara pandanglah matanya.
7. Tersenyum setiap saat. Dengan tersenyum hati anda menjadi gembira.
8. Kegembiraan dapat menampilkan wajah berseri.
9. Berbicara dengan jelasa, dengan kata-kata yang dipahami pelanggan
10. Hindari beban pikiran yang menyebabkan perhatian pelanggan pecah.
Terakhir, pelanggan adalah raja. Mereka adalah sumber penghasilan buat anda. Pelanggan bertambah penghasilan anda bertambah. Pelanggan berkurang penghasilan anda pun berkurang. Membangun citra diri positif bisnis pada dasarnya adalah membangun keberlangsungan bisnis anda. Satu pelanggan yang merasa sangat puas dengan produk/jasa anda, kemungkinan besar mereka dengan suka rela mereferensi kepada teman dan tetangga untuk anda. Buatlah virus kepuasan pelanggan anda yang tangguh meninfeksi tiap orang untuk menjadi tenaga pemasaran secara gratis buat bisnis anda.
Semoga bisnis anda sukses.
0 komentar:
Posting Komentar