19 Februari 2011

Jumlah Penduduk Indonesia sebagai target pemasaran internet


Berdasarkan data dari BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), jumlah penduduk Indonesia tahun 2010 sekitar 237,6 juta dengan tingkat pertumbuhan penduduk 1,49 persen. Jumlah penduduk Indonesia terbesar Ke-empat setelah India, Cina dan USA.
Sedangkan jumlah pengguna internet di Indonesia diperkirakan sekitar 50 juta dengan tingkat pertumbuhan pengguna internet sekitar 10 persen. Kenaikkan ini didorong oleh kenaikkan pengguna handphone, jaringan operator semakin luas dan menjangkau seluruh wilayah Indonesia, semakin murah harga modem sekitar 200 ribu rupiah dan peningkatan pendapatan penduduk. Contoh kecil di kantor saya, kecamatan sumberjambe, pertama kali yang mempunyai USB modem adalah saya, sekarang 95 persen semua karyawan saya mempunyai modem, dengan tingkat penggunaan internet sekitar 10 jam dengan akses ulimited. Kebanyakkan yang dipakai oleh anak-anaknya, baik di situs jejaring sosial maupun dalam kemudahan informasi sebagai tugas belajar.
Kontribusi 50 juta penduduk Indonesia sebagai pengguna internet atau sebesar 21% dari penduduk Indonesia, telah mendukung sekitar 10 - 20 persen audiance traffic website dunia yang menyediakan kemudahan bagi pengunjung Indonesia dengan menyediakan fasilitas translate Indonesia. Diperkirakan sekitar 50 juta pengguna internet Indonesia mengakses internet rata-rata selama 5 jam per hari.
Berdasarkan data dari Alexa.com untuk saat ini peringkat 10 besar traffic di Indonesia dengan persentase untuk audience adalah :
  1. Facebook.com : 2,6%
  2. google.co.id : 97,2% -- Korea selatan : 0,5% peringkat dunia : 72
  3. google.com : tidak ada di peringkat 10 besar
  4. Blogger.com : 5,1%
  5. Yahoo.com : 2,8%
  6. Kaskus.us : 93,3%
  7. Youtube.com : tidak ada di peringkat 10 besar
  8. WordPress.com : 6,9%
  9. Detik.com : 95% -- Jepang : 1%
  10. twitter.com : tidak ada di peringkat 10 besar
Dari data tersebut, dapat kita mengambil suatu strategi pemasaran online dengan audiance penduduk Indonesia versi 'blog orang sumberjambe'. Selain Blogger dan WordPress, strategi pemasaran dengan PPC, PTC dan lainnya yang sejenis. Untuk Blogger dan WordPress masuk jajaran 10 besar, dapat dipastikan banyak pengguna internet Indonesia untuk kegiatan blogging atau update situs, strategi pemasaran online adalah kerjasama pemasangan iklan di situs, affiliance dan lain-lain.
Peringkat 2 dan 9 murni berasal dari situs Indoesia, dan saya beri tambahan audience negara lain untuk memprediksi kepentingan mereka mengakses kedua situs tersebut. Korea Selatan dan Jepang merupakan investor terbesar di Indonesia, sehingga berkepentingan terhadap pemasaran produk mereka di Indonesia, baik dalam penelitian produk dan perusahaan maupun sebagai media efektif untuk pemasaran online di Indonesia lewat google.co.id dan detik.com
Kesembilan situs di peringkat 10 besar menyediakan dalam bahasa Indonesia dan mempunyai kantor cabang di Indonesia, kecuali twitter.com.
Yang menarik 4shared.com dengan bahasa Indonesia pada posisi 11 dengan 13,3% audience Indonesia terbesar kedua setelah Brasil, mungkin akan dapat menggeser kedudukan twitter.com posisi 10 besar traffic dari Indonesia.
Pemilik Website atau blog yang menulis chat room csbox dan jejaring sosial di luar peringkat 10 besar setelah saya analisa audience ternyata juga sebagian besar berasal dari Indonesia, masuk 3 besar audience padahal website mereka murni dari USA. Alasan mendasar audience Indonesia mendominasi website tersebut adalah bisa mencari tambahan penghasilan, produk yang murah, fasilitas gratis, dan lain-lain.
Perputaran uang online untuk Indonesia bisa dikatakan sangat besar dikarenakan traffic klikbca.com dalam peringkat 15. Ini dapat dipastikan bahwa BCA sebagai media utama untuk transaksi online audience Indonesia, yang kedua di Paypal peringkat 23 dan ketiga Bank Mandiri peringkat 30.
Terakhir, berdasarkan data tersebut diatas dimana sebagian besar diambil dari data Alexa.com potensi penduduk 237,6 juta dan pengguna internet 50 juta dimana setiap tahun mengalami kenaikan tajam. Anda pun bisa menganalisa sendiri berdasarkan data tersebut atau ke Alexa.com untuk maksud dan tujuan audience Indonesia dalam penggunaan internet.




0 komentar:

Posting Komentar