Seperti telah saya katakan, ada beberapa cara untuk mendapatan backlink dengan penempatan dan pertukaran link. Meskipun ada tren trik rahasia terbaru yang muncul (dikupas pada artikel mendatang) di Search Engine Pemasaran, seperti halnya dalam bidang lain, masih ada ribuan webmaster dan trik SEO menggunakan cara kuno yang baik untuk meningkatkan peringkat website mereka dengan bertukar link.
Itulah cara paling sederhana dan cepat untuk mendapatkan ratusan dan ribuan inbound link. Jika anda sudah banyak mendapatkan dari link tersebut dan link ini berasal dari patner website yang berkualitas baik (kedekatan dengan katagori dan kata kunci), sehingga link dapat bekerja dengan baik untuk memberikan dorongan yang sangat kuat pada peringkat yang lebih baik pada website anda, serta dapat anda lihat sendiri bagaimana mereka bekerja untuk anda.
Pertukaran link mudah dipahami dan sederhana untuk melakukannya: Anda meminta seseorang untuk menempatkan link ke situs Anda suatu tempat di halaman mereka, dan mereka meminta Anda untuk menempatkan link dari halaman Anda ke situs mereka, atau beberapa situs lain selain Anda. Ada beberapa pola untuk bertukar link. Mari kita lihat yang paling umum yang dilakukan para webmaster.
Ada beberapa bentuk dan pola pertukaran link diantaranya adalah :
POLA SATU ARAH
Patner Anda menghubungkan link A hanya untuk Anda (B), dan Anda tidak terhubung melalui link lainnya.
Link semacam ini adalah yang paling dapat diandalkan, dan link ini sangat dipercaya oleh Search Engine.
Link satu arah tidak mudah untuk mendapatkan. Tetapi, ada banyak tempat untuk menempatkan link satu arah yang dapat bekerja dengan baik untuk anda, misal: direktori, forum, blog, dan media sosial lainnya (Daftar link satu arah do-follow masih dalam proses inventarisasi)
POLA DUA ARAH TIMBAL BALIK
Sederhana: Anda punya Website, dan pasangan Anda memiliki website B. Anda berdua sudah mendapat halaman kualitas link yang sama baik, jadi sama-sama menguntungkan bagi kedua belah pihak untuk link Anda ke satu sama lain. Jadi sebuah halaman situs A memiliki link ke halaman situs B, dan halaman situs B memiliki link ke halaman situs A.
Kadang-kadang pola ini membuat serach engine mengeryitkan dahi alias curiga. Search Engine menduga bahwa Anda benar-benar punya link seperti ini dalam pertukaran. Apa yang terjadi jika Search Engine melihat link dua arah?
Disini ada dua pilihan :
Pilihan 1 : Tidak Ada Masalah. Google melihat bahwa Anda dan pasangan link anda memiliki alasan yang kuat untuk menempatkan link ke satu sama lain, sebagai situs anda mempunyai topik yang relevan. Misalnya, blog ini tentang tips trik rahasia bisnis dan pasangan saya menawarkan bisnis online
Pilihan 2 : Search Engine mengabaikan kedua link. Tetapi hal ini tidak perlu dikuatirkan. Anda masih mendapatkan pengunjung melalui link ini. Dan, seperti situs ini mungkin memiliki ratusan link timbal balik, tidak akan banyak mendorong peringkat anda lebih baik jika beberapa dari kedua link diabaikan.
Tetapi juga, ada juga beberapa skema yang tidak tampak mencurigakan ke search engine, karena search engine lebih sulit untuk mengatur. Diantaranya pada pola link tiga arah, pola link empat arah dan pola cincin link.
POLA LINK TIGA ARAH
Situs A dan B milik Budi, dan C milik Cantik, dan mereka setuju untuk menghubungkan satu sama lain seperti ini: link A ke link C dan C ke B. Dengan cara ini, Budi mempromosikan situs nya berkat B untuk sebuah situs lainnya, dan praktis mendapatkan link satu arah dari situs Cantik C.
Atau - Saya memiliki situs A, Budi B, dan Cantik C. Budi dan Cantik tidak saling mengenal satu sama lain, dan saya tahu keduanya. Jadi saya berkata Cantik, saya akan link ke Anda jika Anda link ke Budi . Dan saya memberitahu Budi bahwa Cantik akan link ke dia jika Budi link ke saya. Dengan cara ini, masing-masing dari kita mendapatkan link satu bebas kecurigaaan.
POLA LINK EMPAT ARAH
Saya mempunyai situs A dan B, dan Anda memiliki C dan D. Ini disebut empat arah yang menghubungkan ketika link Saya dari situs A ke situs C milik anda, dan Anda memasang link di situs D yang mengarah ke situs B milik saya.
POLA CINCIN LINK
Empat situs A, B, C dan D membentuk cincin yang disebut link. Sebuah situs A link ke situs B, B ke C, C ke D dan D ke A.
Satu-cara menghubungkan tampak paling alami untuk Search Engine. Dengan cara ini sebuah situs akan mendapatkan link yang berkualitas sangat baik. Dan hal ini memang yang diharapkan dari search engine. Jadi jika anda memiliki banyak link satu arah, Search Engine akan percaya bahwa banyak situs lain link ke Anda karena situs Anda memiliki sesuatu yang sangat menarik untuk menawarkan dan bukan karena anda mengoptimalkan untuk itu.
Link timbal balik masih tetap merupakan salah satu cara yang paling populer untuk mendapatkan backlink. SEO pada umumnya mengandalkan timbal balik untuk membangun link dalam meningkatkan peringkat website, karena berbagai alasan. Pertama-tama, link timbal balik adalah lebih mudah dari semua pola link untuk mendapatkan. Banyak situs yang ingin bertukar link, sementara tidak banyak yang murah hati untuk menempatkan link satu-arah kepada Anda. Plus, Google tidak akan banyak curiga atas baik tidaknya secara tematis link timbal balik yang relevan.
Seperti saya ungkapkan terdahulu pada artikel populeritas link bahwa bila di website anda menjual komestik dan bertukar link dengan website yang menjual peralatan listrik, link ini akan terlihat mencurigakan bagi search engine. Tetapi bila anda link dengan website salon kecantikan, anda akan baik-baik saja.
Jadi link timbal balik juga bisa berbeda. Dan link timbal balik yang baik dan relevan secara tematis bisa kuat untuk meningkatkan peringkat Anda, terutama jika situs Anda sekarang tidak pada peringkat yang terbaik. Dan, pekerjaan SEO terbesar adalah anda lebih sering melakukan link timbal balik ini. Untuk Search Engine lebih sulit untuk menemukan pola tiga dan empat arah untuk mengaitkan serta pola cincin link. Jadi mereka terlihat sangat banyak seperti link satu arah ke Search Engine, dan dapat memiliki nilai yang sama. Tapi hal ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkannya.
Terakhir, Link anda pada situs lain adalah perolehan “suara” anda untuk satu sama lain dan search engine melihat suara ini. Pola link dua arah timbal balik lebih mudah anda dapatkan dengan catatan haruslah berkualitas agar link dapat bekerja untuk anda dalam mendongkrak peringkat website/blog anda di Top 10 search engine google.
0 komentar:
Posting Komentar