Backlink bersumber pada penempatan link suatu situs pada situs atau halaman lain. Seperti yang kita ketahui bahwa ada link internal dan link eksternal. Kedua link ini memberikan backlink yang bermanfaat untuk kenaikkan pagerank dan peringkat website. Dilihat manfaatnya, link juga dibedakan menjadi link no-follow dan do-follow.
Link no-follow berarti search engine khususnya google tidak akan meneruskan manfaat suatu penempatan hyperlink. Sebaliknya, do-follow berarti google akan meneruskan manfaat penempatan hyperlink dan memperoleh manfaat atas kekuasaan suatu keyword/kata kunci pada teks link/anchor text.
Tidak ada yang salah dengan mendapatkan Link no-follow. Bahkan, bila anda ingin mendapatkan jumlah yang sama dengan link do-follow. Meskipun mereka tidak lulus pada link juice, mereka dapat membantu situs rekan Anda dengan jangkar teks (frase kata kunci yang membentuk URL yang menunjuk ke situs Anda).
Mereka juga meningkatkan eksploitasi situs Anda secara keseluruhan, yang akhirnya dapat menyebabkan Anda mendapatkan lebih dari mendapatkan link do-follow! Maksudnya, bila saat awal link dinilai no-follow, tetapi penempatan link pada situs sesuai dengan relevansi situs anda dan pada masa-masa datang banyak orang klik pada link ini, maka selanjutnya google menganggap link ini sangat bermanfaat ini bisa beralih menjadi do-follow.
Saat ini jumlah search engine mencapai puluhan, tetapi search engine utama adalah google, yahoo dan bing. Perbedaan jumlah backlink ini disebabkan algoritma mereka juga berbeda.
Tujuan akhir algoritma search engine adalah penentuan peringkat website di hasil pencarian mereka pada keyword/kata kunci tertentu.
Backlink Google sangat pelit dibanding Yahoo!. Bagi algoritma google, dampak jumlah backlink sangat mempengaruhi pagerank website. Sedangkan pagerank merupakan nilai algoritma utama untuk peringkat website. Anda dengan mudah mendapatkan 1000 backlink Yahoo!, mendapatkan 1 backlink Google diperlukan trik rahasia seo. Tingkat kesulitan tinggi mendapatkan backlink Google yang dominan berdampak pada peringkat website, menyebabkan beberapa inovasi bisnis SEO mulai jasa SEO, Software SEO, Blog Blue Print, Web 2.0, Adsense dan lainnya. Google memberikan inspirasi peluang bisnis baru….??? Ditengah kesulitan website mendapatkan backlink pada bangunan link mereka.
Google sangat berhati-hati menseleksi backlink atas penempatan link. Algoritma google merupakan rahasia besar yang sulit tebak, mereka berubah-ubah secara halus. Hal ini menghindari memanipulasi cara kerja algoritma google
Rahasia Cara Cepat Mendapatkan Backlink Google yaitu menempatkan link pada situs lain agar lebih cepat diindeks oleh Google, dengan memenuhi beberapa persyaratan bahwa situs tersebut mempunyai :
- Pagerank lebih tinggi
- Peringkat alexa tinggi
- Relevansi kata kunci dan frase-nya
- Umur website, lebih tua lebih baik
- Link eksternal lebih sedikit dari link internal
- Terdaftar di DMOZ dan Direktori Yahoo!
Cara kerja software SEO, software link do-follow, software optimasi link lainnya memasukkan katagori tersebut diatas dalam mesin software mereka.
Untuk memahami lebih mudah tentang katagori tersebut, maka saya ibaratkan saja bahwa “ALIRAN LINK SAMA DENGAN ALIRAN AIR MASUK KE WADAH”
1. Pagerank = diameter pipa
2. Peringkat alexa = frekuensi penyaluran
3. Relevansi = kandungan dan mutu air
4. Umur = lama pengisi
5. Direktori = penguji mutu air
6. Link eksternal = saluran pipa keluar
7. Link internal = cara kerja penyaring air di akuarium
Setelah anda mendapatkan gambaran link, maka air (backlink) dapat dimanfaatkan bila memenuhi jumlah debit dan kualitas air yang telah ditetapkan oleh Google.
Bagaimana kalau menggunakan pompa air?
“Lebih cepat, lebih baik” (Jusuf Kalla)
BERSAMBUNG ke Membangun Link Berkualitas Tinggi Secara Alami
0 komentar:
Posting Komentar