2 Januari 2012

Perubahan Algoritma Search Engine Setiap Jam!

Perubahan algoritma search engine (SE) atau mesin pencari berubah setiap jam untuk mencegah praktek-praktek licik dari SEO, seperti trik licik dengan coding. Algoritma adalah sebuah rumus matematika yang mengatur langkah-langkah instruksi atau prosedur cara kerja mesin pencari. Algoritma SE mengatur kata-kata, yang kita kenal dengan kata kunci / keyword atau frase.

Jadi algoritma SE bukan untuk menorganisir situs. Organisasi situs dalam proses pengindeksan dilakukan oleh Bots SE / Crawler / Spider yang yang diprogram untuk pengambilan data-data relevansi dari sebuah halaman situs dengan mengikuti link (URL) menurut algoritma relevansi untuk kata kunci dan lainnya yang cocok dengan faktor dalam SERP’s yang sudah melalui proses algoritma. Proses ini sangat berbeda sekali dengan pengaturan algoritma SE untuk kata kunci.

Algoritma selalu berubah tidak seorang pun yang tahu, hanya programmer SE Google yang tahu kapan algoritma berubah. Jika algoritma tidak berubah, seorang webmaster berpengalaman dapat menggunakan software algoritma dengan strategi SEO licik. Software ini digunakan untuk mencari tahu rumus matematika yang tepat dan kemudian membuat program kode untuk website mereka yang akan memberikan mereka jaminan selalu posisi nomor satu di SERP’s untuk kata kunci /frase. Google mengklaim mempunyai kurang lebih 200 sinyal untuk peringkat SE. Alasan perubahan algoritma google juga untuk kepentingan pengguna SE atas permintaan pencarian

Sekarang banyak sekali toolbar SEO pada browser. Seperti toolbar SEO dari seomoz, seoquake, alexa, dan masih banyak lagi baik gratis maupun premium dapat menganalisa posisi kata kunci/frase pada SERP’s. Toolbar langsung memberikan analisa dasar sampai detil-detil lebih rinci mengapa suatu kata kunci tersebut berada di posisi satu, dua, tiga dan seterusnya. Bagaimana mereka dapat mengalahkan kata kunci / frase dengan hasil penemuan 100 juta hasil bisa posisi nomor satu. Seorang programmer dapat membuat beberapa coding licik untuk mengakali SERP’s sehingga akan membuat kekacauan dalam mesin pencari terutama pada pusat data search engine.

Algoritma Google


Pusat data SE Google.co.id yang mungkin untuk diakali dengan coding algo licik yaitu :
1. yw-in-f104.google.com (74.125.47.104)
2. bf-in-f104.google.com (72.14.209.104)
3. bs-in-f189.google.com (64.233.163.189)
4. mad0s03-in-f184.google.com (72.14.235.184)
5. mu-in-f17.google.com (209.85.135.17)

Google mulai tahun 2003 telah menghentikan praktek SE dengan algoritma licik dengan selalu membuat perubahan pada algoritma setiap hari kadang bisa sampai 4 – 5 kali dalam sehari. Algoritma MSN (bing dan Yahoo! mempunyai algortima SE sama) pun juga mengikuti Google selalu membuat perubahan pada algoritma minimal 2 – 4 kali dalam setahun membuat perubahan besar pada algoritma SE. Oleh karena itu akan mengenal sandbox yaitu masa transisi dari suatu perubahan algoritma SE.

Perubahan-perubahan algoritma ini harus dapat anda antisipasi dengan membuat beberapa standar wajar jangan pada titik maksimal. Mungkin beberapa tips SEO dari saya tentang kepadatan (pengulangan) kata kunci sebesar 3 – 6%, anda menggunakan 6%. Saat algoritma berubah bahwa kepadatan kata kunci maksimal 4%, peringkat anda langsung jatuh bahkan mungkin terlempar dari SERP’s. Saat anda mengetahui hal ini segera evaluasi konten situs anda. Alogritma SE mungkin telah berubah untuk nilai kepadatan kata kunci.

Pada tahun awal tahun 2011 sampai pertengahan tahun, dapat rumus matematika dari skor Google adalah :
Skor Google’s = (Skor Penggunaan Kata Kunci * 0,3) + (Domain * 0,25) + (Skor PR * 0,25) + (Skor Link Inbound * 0,25) + (Data Pengguna * 0,1) + (Skor Kualitas Konten * 0,1) + (Peningkatan Manual) - (Penalti Otomatis & Manual)
Angka perkalian menunjukan faktor redaman dalam skor Google terus berubah setiap saat. Tetapi janganlah mengangap ini adalah rumus baku skor Google seperti rumus matematika yang tidak akan berubah. Faktor redaman dan metrik terus berubah untuk mengurangi aksi licik coding pada algoritma SE Google.

Meskipun perubahan algoritma search engine berubah setiap jam, tetapi ada beberapa hal mendasar dalam komponen algoritma yang mungkin tidak berubah, tetapi nilai metrik dan faktor redaman yang berubah. Hal dasar SEO yang harus diperhatikan itu adalah :
1. Skor Kualitas Konten
  • Bukan duplikat konten, konten orisinil, unik dan informatif
  • Urutan kata-kata kunci dalam konten
  • Frekuensi pembaruan konten
  • Memperhatikan dan visibilitas kata kunci
  • Ejaan dan Tata bahasa
  • Penggunaan dan aturan sesuai W3C
2. Skor Penggunaan Kata Kunci
  • Kata kunci dalam tag judul
  • Kata kunci dalam tag Header
  • Kata kunci dalam tag deskripsi
  • Kata kunci dalam tag alt
  • Kata kunci dalam link internal menunjuk ke halaman sendiri
  • Kata kunci dalam domain / atau URL
  • Kata-kata kunci sering muncul


3. Domain
  • Kekuatan Domain
  • Kecepatan Domain
  • Lokal / nama domain yang spesifik
  • Kualitas Hosting


4. Skor PageRank (PR)
  • Ketika Domain didaftarkan
  • Kekuatan link yang menunjuk ke domain
  • Lingkungan topikal dari domain berdasarkan link inbound dan outbound
  • Menggunakan pola historis dan link ke domain
  • Inbound link dan referensi dari media sosial
  • Skor Inbound link

5. Skor Link inbound
  • Kualitas domain mengirimkan link (non dibayar)
  • Link dari Website Otoritas
  • Kualitas mengirimkan link halaman dan relevansi
  • Link teks jangkar
  • Kuantitas / berat metrik (Page Rank atau variasi)
  • Beberapa masalah menghubungkan halaman / situs
  • Data Pengguna

6. Data Pengguna
  • Historis RKPT ke halaman di SERPs
  • Waktu yang dihabiskan pengguna pada halaman
  • Permintaan pencarian untuk URL / domain penuh
  • Sejarah kunjungan / penggunaan URL / domain oleh pengguna

7. Peningkatan Manual
Peningkatan trafik dan arahan link secara alami dan manual bukan robots.

8. Penalti secara otomatis maupun manual
Perolehan skor –skor tersebut diatas akan dikurangi jika situs anda mendapat penalti dari Google. Beberapa penalti disebabkan oleh seperti saya jelaskan pada 10 hal yang harus dihindari membangun link.
Disamping itu juga dapat sebabkan jika Anda menggunakan media sosial untuk “tujuan tunggal meningkatkan peringkat Anda”, Google mungkin menghukum website Anda. Google tidak akan menghukum situs Anda jika Anda menggunakan saluran ini untuk kegiatan normal.
  • Forum
  • Facebook
  • Twitter
  • Direktori Katagori
  • Submissions Artikel
  • Blog
  • Terlalu banyak 1 ke 1 Link Exchange
  • Link Dibayar
  • FFA’s (sebagian besar dari backlink gratis)

Beberapa perubahan halus algoritma Google dapat seperti :
1. IP address pengguna
Jika anda berada di Indonesia, google.com akan redirect ke google.co.id. Situs anda sama dengan negara pengguna peringkat akan naik.

2. Lokasi pengguna
Jika situs anda satu kota dengan pengguna, peringkat anda naik.

3. Aktifitas RKPT (Rasio Klik Per Tayang)
Jika pengguna pernah klik situs anda peringkat akan naik untuk pengguna lain. Pada pengguna yang sama atas query yang sama cenderung akan hilang pada SERP’s atau turun.

4. Kesegaran konten
Semakin baru tanggal penerbitan akan semakin naik untuk beberapa hari. Saat promosi peringkat atas kesegaran konten, situs dengan RKPT bagus, peringkat cenderung tetap dan sebaliknya bila RKPT jelek cenderung turun bahkan terlempar dari SERP’s

5. Tingkat bouncing/pantulan
Jika tingkat bouncing tinggi peringkat turun, jika ada yang mencekal hasil SERP peringkat akan semakin menurun.

6. Aktifitas +1’s
Jika anda klik +1 di SERP’s peringkat situs akan naik dan profil google anda akan terlihat. Saat +1 hanya berlaku di Google.com, masih belum berlaku untuk Google.co.id
7. dan seterusnya….

Beberapa saran untuk anda pada tahun 2012 yang perlu diperhatikan :
  • Host website Anda pada Internet Service Provider super cepat
  • Gunakan CSS sebanyak mungkin dan sesuai dengan kegunaan situs
  • Menulis artikel berkualitas atau konten, bukan kuantitas konten
  • Mengkonversi situs web Flash untuk sebuah website HTML
  • Sedapat mungkin Ekspor Flash animasi
  • Gambar dan ukurannya untuk minimum tanpa kehilangan kualitas
  • Uji website Anda di berbagai browser dan perangkat telepon selular
  • Membuat website Anda Google Friendly

Kecenderungan algoritma Search engine untuk masa datang adalah menyukai situs dengan navigasi atau loading situs lebih cepat. Karena setiap saat selalu ada kemunculan situs baru, sehingga membutuhan banyak server untuk mengindeks situs setiap harinya. Saat ini Google diperkirakan mempunyai jumlah server sebanyak 700.000 dan terus berkembang yang tersebar dari 100 pusat data di seluruh dunia. Sehingga Google merupakan perusahaan TI penghasil emisi karbon (CO2) di bumi. Jadi ke depan algoritma akan menyukai desain situs yang ramah lingkungan.

Setiap hari dalam beberapa jam mungkin algoritma Search engine berubah. Perkembangan demi perkembang dinamika tips trik SEO, itu karena menyesuaikan algoritma yang terus berubah. Prediksi SEO arah perubahan algoritma yang terjadi dan masa akan datang. Perubahan algoritma berubah setiap jam , jadi jangan terlalu fokus untuk mencari bagaimana algoritma bekerja untuk sekarang.


1 komentar:

thanks cob wt artikel y...lam nal

Posting Komentar