12 Januari 2012

Jenis Layanan Komputer Awan

Komputer awan adalah istilah umum untuk segala sesuatu yang melibatkan host yang memberikan layanan melalui Internet. Jenis Layanan komputer awan ini dibagi menjadi tiga kategori: Infrastructure-as-a-Service (IaaS), Platform-as-a-Service (PaaS) and Software-as-a-Service (SaaS).

Komputer awan namanya terinspirasi oleh simbol cloud yang sering digunakan untuk mewakili Internet dalam flowchart dan diagram.

Sebuah layanan komputer awan memiliki tiga karakteristik yang berbeda yang membedakannya dari hosting tradisional. Dijual sesuai dengan permintaan pelanggan. Pelanggan dapat menerima layanan sesuai permintaannya baik sedikit maupun banyak untuk akses pada waktu yang ditentukan (biasanya dalam menit atau jam). Layanan ini sepenuhnya dikelola oleh provider kecuali untuk komputer dan akses internet.

Sebuah komputer awan dapat bersifat pribadi atau umum. Sebuah komputer awan umum menjual layanan kepada siapapun di Internet (Saat ini, Amazon Web Services adalah penyedia komputer awan umum terbesar). Sebuah komputer awan pribadi merupakan jaringan milik atau pusat data yang memasok layanan host ke sejumlah orang yang terbatas. Ketika penyedia layanan umum menggunakan sumber daya komputer awan untuk menciptakan komputer awan pribadi mereka, hasilnya disebut virtual komputer awan pribadi. Pribadi atau umum, tujuan dari komputer awan adalah untuk menyediakan dengan mudah, akses skalabilitas untuk sumber daya komputasi dan layanan Teknologi Informasi.

Pengertian Infrastructure-as-a-Service (IaaS)
Infrastructure-as-a-Service (IaaS) atau Infrastruktur sebagai sebuah layanan adalah model penentuan di mana sebuah organisasi jasa kontraktor peralatan yang digunakan untuk mendukung operasi, termasuk penyimpanan, perangkat keras (Hardware), server dan komponen jaringan. Infrastructure-as-a-Service kadang-kadang disebut juga Hardware-as-a-Service (Haas).

Penyedia layanan (provider) memiliki peralatan dan bertanggung jawab untuk hosting, menjalankan dan mempertahankan untuk hal itu. Pelanggan biasanya membayar sesuai dengan penggunaannya. Contoh Penawaran IaaS: Amazon EC2, GoGrid dan Rackspace Cloud.

Karakteristik dan komponen IaaS meliputi:

  • Layanan Utilitas komputasi dan model penagihan.
  • Otomatisasi tugas-tugas administratif.
  • Dinamis scaling.
  • Virtualisasi desktop .
  • Kebijakan-layanan berbasis.
  • Konektivitas internet.

Pengertian Platform-as-a-Service (PaaS)
Platform-as-a-Service (PaaS) atau Platform sebagai sebuah layanan adalah cara untuk menyewa perangkat keras, sistem operasi (OS), penyimpanan dan kapasitas jaringan melalui Internet. Model penyediaan layanan memungkinkan pelanggan untuk menyewa server virtual dan layanan terkait untuk menjalankan aplikasi yang ada atau mengembangkan dan pengujian yang baru. Contoh Penawaran Paas: Microsoft Azure PaaS, Force.com dan Google App Engine.

Platform-as-a-Service (PaaS) adalah hasil dari Software-as-a-Service (SaaS), model distribusi perangkat lunak (software) di mana host aplikasi perangkat lunak yang dibuat tersedia untuk pelanggan melalui Internet. PaaS memiliki beberapa keuntungan bagi Pengembang (Developer) TI. Dengan PaaS, fitur OS (Operating System) dapat diubah dan ditingkatkan beberapa kali. Tim Development dapat bekerjasama dalam proyek pengembangan perangkat lunak untuk didistribusikan secara geografis.

Layanan dapat diperoleh dari berbagai sumber lintas batas internasional. Biaya awal dan selanjutnya dapat dikurangi dengan penggunaan layanan infrastruktur dari vendor tunggal. Hal ini dikarenakan beberapa fasilitas perangkat keras sering terjadi masalah ketidakcocokan atau mempunyai fungsi ganda. Total biaya dapat diminimalkan dengan cara penyatuan pengembangan pemrograman.

Kelemahan PaaS mempunyai beberapa resiko "lock-in" jika penawaran memerlukan antarmuka (interface) layanan proprietary atau bahasa pengembangan, fleksibilitas penawaran mungkin tidak memenuhi kebutuhan dari beberapa pengguna dengan spesifikasi platform yang terus berkembang.

Pengertian Software-as-a-Service (SaaS)
Software-as-a-Service atau Software sebagai Service (SaaS) adalah bentuk distribusi perangkat lunak (software) di mana aplikasi host oleh vendor atau penyedia layanan (provider) dan software dibuat untuk pelanggan melalui jaringan, biasanya Internet. Para pemasok SaaS: Netsuite, Adobe dan Salesforce.com.

Model distribusi tradisional perangkat lunak, di mana perangkat lunak dibeli kemudian diinstal pada komputer pribadi, kadang-kadang disebut sebagai perangkat lunak sebagai produk.

SaaS menjadi model pengiriman semakin lazim sebagai teknologi yang mendasari yang mendukung layanan Web dan arsitektur berorientasi layanan (Service Oriented Arcitecture/ SOA ), seperti Ajax. Sementara itu, layanan broadband semakin tersedia untuk mendukung akses pengguna di seluruh dunia. Penyedia memberikan pelanggan berbasis jaringan akses ke softcopy dari sebuah aplikasi yang dibuat khusus untuk distribusi SaaS.

Manfaat model SaaS termasuk:
  • administrasi lebih mudah
  • otomatis update dan patch management
  • kompatibilitas: Semua pengguna akan memiliki versi yang sama dari perangkat lunak.
  • mudah kolaborasi , untuk alasan yang sama
  • aksesibilitas secara global

Beberapa peta layanan dari komputer awan dari Peter Laird :
layanan komputer awan

1 komentar:

Bluehost is ultimately one of the best website hosting company for any hosting services you might need.

Posting Komentar