Prediksi strategi SEO tahun 2012 menjadi perhatian paling panas bagi profesional SEO, saat Google tidak memakai PageRank lagi. Selama beberapa tahun, Pagerank Google telah menjadi patokan sangat penting bagi webmaster, internet marketer profesional dan pengusaha “bisnis link”. Pagerank Google sangat berguna sebagai faktor yang menunjukkan nilai peringkat kekuatan dari sebuah situs, kekuatan halaman itu sendiri, reputasi dan populeritas situs, tingkat kepercayaan google dan efisiensi struktur link.
Deskripsi Metrik Paten Pagerank (PR) termuat dalam The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine buah karya Sergey Brin dan Larry Page adalah :
PR (A) = (1-d) + d (PR (T1) / C (T1) + ... + PR (Tn) / C (Tn))Pagerank bukan milik atau paten Google. Google hanya diberi ijin secara eksklusif untuk menggunakan teknologi Pagerank oleh Stanford University. Ijin eksklusif Pagerank akan tamat pada tanggal 31 Desember 2011 dan dapat diperpanjang lagi, bila Google menginginkannya. Tetapi pada tahun 2012 - 2017, ijin penggunaan secara eksklusif Paten Pagerank akan berakhir, menjadi non eksklusif. Artinya siapapun (bisa saja bing atau Yahoo!, blekko, Yandex, Altavista, baidu dan lainnya) dapat mengajukan ijin penggunaan PageRank tidak hanya Google saja.
Dengan asumsi :
Sebuah halaman A memiliki T1
Tn = Link yang mengarah ke halaman A
d = parameter untuk faktor redaman antara 0 dan 1, biasanya d = 0,85
C (A) = jumlah link keluar dari halaman A
PageRank-PageRank akan membentuk distribusi probabilitas atas halaman web, jadi jumlah PageRank-Pagerank semua halaman web akan menjadi satu.
Paten PageRank sepenuhnya akan berakhir pada tahun 2017. Sehingga pada tahun 2018 orang bebas memakai teknologi Pagerank tanpa sanksi hukum hak cipta dan mendapat ijin pemakaiannya dari Stanford University. Mungkinkah Google tidak memakai Pagerank sebagai metrik peringkat halaman situs pada tahun 2012?
Microsoft dan Yahoo! sangat gencar melakukan negosiasi untuk mendapat ijin eksklusif penggunaan teknologi Pagerank. Sampai saat ini Google belum membuat pernyataan tentang perpanjangan ijin non eksklusif penggunaan Pagerank. Selama ini Google telah membuat beberapa eksperimen untuk menghitung peringkat situs di mesin pencari. Dalam sebuah pernyataan resmi Google disampaikan oleh Susan Moskwa 15 Oktober 2009 bahwa “Pagerank hanya merupakan bagian dari Webmaster Tools jadi jangan terlalu fokus pada Pagerank sebagai metrik paling penting untuk peringkat”. Hal inilah yang membuat Google secara bertahap akan meninggalkan algoritma peringkat situs di SERP’s dengan berbasis Pagerank dan akan lebih fokus dengan berbasis konten.
Meskipun Google telah membuat pernyataan “tidak berbasis PageRank” lagi, tetapi para profesional SEO masih melihat kekuatan link baik alami maupun link beli sebagai peringkat dalam SERP’s. Pembaruan Algoritma Google selama belum mampu mendeteksi link beli dan link spam. Link tidak alami ini dapat diketahui setelah mendapat laporan pengaduan atau laporan dari Tim Penilai Google tentang link beli dan spam. Itupun memerlukan proses verifikasi panjang atas kebenaran laporan tersebut.
Perkembangan dunia SEO berkembang pesat. Orang semakin tahu dan paham tentang Tips Trik Rahasia SEO Google dalam optimasi onpage untuk meningkatkan tingkat relevansi konten. Jika tingkat relevansi konten atas query di SERP’s mempunyai bobot sama, maka algoritma akan menghitung nilai offpage meliputi faktor link, sosial, kepercayaan dan faktor personal.
Berbagai eksperimen telah dilakukan Google beberapa bulan lalu pada tahun 2011 (seperti Google Panda, berbasis kualitas konten, lokalisasi, Kesegaran konten, Google +1 dan lainnya) bertujuan untuk membuat algoritma peringkat halaman situs yang baru. Algoritma peringkat halaman terbaru bertujuan untuk menggantikan Pagerank sebagai metrik peringkat halaman sebuah situs, karena pagerank bukan paten Google dan ijin eksklusif akan berakhir pada tahun ini. PR pun tidak lagi identik dengan Google. Sebagai perusahaan mesin pencari terbesar, Google harus tampil beda agar tetap mempertahankan dominasi-nya.
Beberapa prediksi SEO 2012 bila Google tidak memakai Pagerank
1. Google akan meneruskan Algoritma Panda berbasis kualitas konten sebagai metrik peringkat halaman, dengan sinyal identifikasi jawaban pada suatu halaman atas 23 pertanyaan kualitas konten di Google Webmaster Central Blog yang meliputi :
Pertanyaan-pertanyaan meliputi:
1. Apakah Anda mempercayai informasi yang disajikan dalam artikel ini?
2. Apakah Artikel ini ditulis oleh seorang ahli atau penggemar yang tahu topik dengan baik, atau ditulis lebih dangkal di alam?
3. Apakah situs memiliki duplikat, tumpang tindih, atau artikel berlebihan pada topik yang sama atau mirip dengan variasi kata kunci yang sedikit berbeda?
4. Apakah Anda merasa nyaman memberikan informasi kartu kredit Anda ke situs ini?
5. Apakah artikel ini memiliki ejaan, gaya, atau kesalahan faktual?
6. Apakah topik yang didorong oleh kepentingan sesungguhnya dari pembaca situs, atau apakah situs menghasilkan konten dengan mencoba menebak apa yang mungkin peringkat yang baik di search engine?
7. Apakah artikel menyediakan konten asli atau informasi, pelaporan asli, riset asli, atau analisis yang asli?
8. Apakah halaman memberikan nilai substansial jika dibandingkan dengan halaman lain dalam hasil pencarian?
9. Berapa banyak kontrol kualitas dilakukan pada konten?
10. Apakah artikel menjelaskan kedua sisi dari sebuah cerita?
11. Apakah situs mempunyai otoritas pada topiknya?
12. Apakah konten diproduksi-massa oleh atau sumber luar ke sejumlah besar dari penerbit, atau menyebarkan situs pada jaringan luas, sehingga halaman individu atau situs sendiri tidak banyak mendapatkan perhatian atau tidak peduli pada situs sendiri?
13. Apakah artikel diedit dengan baik atau tidak, tampak ceroboh atau buru-buru diproduksi?
14. Untuk permintaan kesehatan terkait, apakah Anda mempercayai informasi dari situs ini?
15. Apakah Anda mengenali situs ini sebagai sumber otoritatif ketika disebutkan dengan nama?
16. Apakah Artikel ini memberikan deskripsi lengkap atau komprehensif dari topik?
17. Apakah artikel ini berisi analisis wawasan atau informasi yang menarik dan jelas yang berada di luar?
18. Apakah ini jenis halaman yang Anda ingin tunjukan, berbagi dengan teman, atau merekomendasikan?
19. Apakah artikel ini memiliki jumlah iklan yang berlebihan, yang mengalihkan perhatian dari atau mengganggu dengan konten utama?
20. Apakah Anda berharap untuk melihat artikel ini di sebuah ensiklopedia, majalah atau buku dicetak?
21. Apakah artikel pendek, tidak substansial, atau kurang spesifik membantu?
22. Apakah halaman yang dihasilkan dengan hati-hati dan perhatian terhadap detail vs kurang perhatian terhadap detail?
23. Apakah pengguna mengeluh ketika mereka melihat halaman dari situs ini?
Jika Google mengklaim mempunyai 200 sinyal untuk menghitung peringkat kualitas konten. Kemungkinan paling sedikit 5 sinyal digunakan untuk menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sinyal juga akan mengambil "sesuatu" atas campur tangan manusia. Dari 23 pertanyaan tersebut dijabarkan dalam program algoritma peringkat. Ini memberikan panduan bagaimana bots / crawler untuk mengambil data pada situs dan menyimpan data pada pusat data Google. Lihat cara kerja mesin pencari google).
2. Google terus-menerus akan membuat secara halus perubahan algoritma tanpa siapapun mengetahui. Melihat bagaimana pakar SEO yang diakui integritasnya berpendapat dalam mengoptimalkan mesin pencari. Misal, ketika orang berpendapat bahwa menempatkan kata kunci pada paragraf pertama adalah penting, Google mungkin pergi pada paragraf terakhir dengan asumsi paragraf terakhir adalah suatu kesimpulan dari artikel secara keseluruhan dan menunjukan potongan kata pada SERP’s.
3. Google tidak akan menghitung link berdasarkan PR atau bentuk baru dari PR, karena hal ini melanggar hak cipta paten. Karena sebuah paten baru harus mengungkapkan tentang metodologi dalam sebuah dokumen yang pada dasarnya menjabarkan bagaimana orang dapat menduplikasi apa yang orang lakukan. Tapi karena itu dilindungi paten, tidak ada yang bisa mencuri ide-ide dalam paten yang sampai paten berakhir dan kekayaan intelektual menjadi bagian dari domain publik.
4. Banyak orang mengatakan bahwa PR tidak penting. Saya berpendapatan PR sangat penting khusus bagi mereka yang mendapatkan penghasilan dari situs mereka (atau melakukan bisnis online). PageRank telah banyak memberikan keuntungan besar bagi banyak situs. Seperti, pembangunan link, jaringan iklan, review disponsori, sangat bergantung pada metrik.
Sebuah situs hanya dengan fasilitas cek pagerank, cek backlink telah membuat uang yang berlimpah. Tentu sebuah metrik lain menggantikan PR sangat berguna untuk kelangsungan bisnis mereka. Bagaimana orang datang pada sebuah situs dan membuat komentar pada situs yang sebagian besar mempunyai PR tinggi. Masih meragukan kalau hal ini benar-benar dihapus.
Entah Google akan membuat sesuatu yang baru "XXXRank" atau semacam skor. Sebuah "skor" dari beberapa jenis penting karena "menunjukkan" kelas publik situs dan dalam pandangan saya, PR adalah sinonim untuk Google jadi saya tidak begitu yakin bahwa Yahoo atau mesin lain akan membayar banyak uang untuk paten. Kemungkinan besar, semua orang akan mengambil keuntungan dari itu dan mulai mungkin lebih baik melihat bentuk lain dari "metrik" yang diciptakan. Tampaknya ini merupakan peluang bisnis bagi situs online. Apakah MozRank, TrustRank akan menjadi bentuk lain dari PR?
Prediksi SEO tahun 2012 sangat spekulatif ketika Google tidak memakai Pagerank. Bagaimana Google memperlakukan sebuah link? Bagaimana mengukur sebuah artikel yang berkualitas tinggi?
1 komentar:
mungkin si mbah google, lagi menyiapkan sesuatu yang WOW, kita tunggu aja gan, bocorannya
Posting Komentar