17 Agustus 2011

Konten Berkualitas Tinggi Versi Yahoo!


Google telah menempatkan konten/artikel blog atau situs berkualitas tinggi pada peringkat teratas. Yahoo! pun demikian, berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik dalam pencarian situs untuk mengarahkan Anda pada blog/situs yang mempunyai konten berkualitas tinggi dan relevan dalam memenuhi permintaan anda atas pencarian di Yahoo!

Beberapa tips-tips untuk membuat konten atau artikel blog berkualitas tinggi versi Yahoo! Untuk menempatkan indeks situs anda pada peringkat teratas yaitu :

1. Konten/Artikel asli dan unik, bukan duplikat, salinan atau copy paste.
Tips : membuat artikel sendiri apapun hasilnya. Lambat laun anda akan terbiasa membuat menulis artikel blog. Lebih baik dengan artikel yang dibuat sendiri daripada kita duplikat konten dari blog yang lain. Banyak-banyak belajar pada blog yang mempunyai reputasi dan populeritas yang baik untuk membaca posting yang berlangsung. Buat kesimpulan dari artikel yang termuat tersebut ke dalam blog anda, apapun hasilnya. Pasti pada suatu hari nanti anda akan terbiasa menjadi penulis blog. Seperti halnya saya atau blog-blog paling populer awalnya juga mereka belajar dari blog lain dan membuat kesimpulan yang terbaik untuk ditulis pada blog.

2. Halaman dirancang terutama untuk manusia, sedangkan untuk mesin pencari menjadi perhatian selanjutnya.
Tips : Segala yang anda buat pada situs anda adalah berguna untuk manusia, bukan untuk mesin pencari. Pengguna internet sekarang sudah dewasa mana situs yang berguna bagi mereka, pasti mereka berkunjung kembali pada blog anda. Biasa saja anda membuat blog khusus untuk mesin pencari tetapi anda akan mendapat loyalitas pengguna pada blog anda. Mereka datang dan mungkin tahkan kembali lagi atau mereka akan mengingat-ingat situs anda. Suatu saat bila pengguna internet memasukkan query di mesin pencari dengan hasil pencarian terbaik pada situs anda, pengguna tidak akan memilih situs lain tetapi 9 situs yang lain pada halaman pertama pada SERP (search engine result page). Blog itu dari manusia untuk manusia.
Perhatian lebih kecil pada mesin pencari apabila faktor kepentingan pengguna internet sudah dapat dipenuhi. Maka langkah selanjutnya adalah strategi SEO pada situs blog anda.

3. Tautan link dimaksudkan untuk membantu orang menemukan yang menarik, konten yang terkait, sesuai dengan konteks/hubungan.
Tips : Beberapa pengguna internet ingin mencari sesuatu yang berhubungan dengan apa yang mereka cari. Sesuatu yang lebih mendalam dalam analisa artikel anda, sehingga pengguna mendapatkan gambaran lengkap tentang topik yang berlangsung. Tautan link dimaksudkan agar memberi alternatif artikel yang berkaitan topik yang berlangsung yang dapat memberi wawasan lebih luas pada pengguna. Bila tautan link tidak sesuai topik yang berlangsung maka pengguna akan kecewa karena sesuatu yang ingin mereka tahu tidak berhubungan sekali dengan apa yang mereka butuhkan. Kepuasan atas artikel blog yang anda sajikan adalah paling utama anda dahulukan, baru kepentingan strategi SEO anda.

4. Metadata (termasuk judul dan deskripsi) yang secara akurat menggambarkan isi dari suatu halaman situs.
Tips : Gambaran lengkap dari judul dan deskripsi blog akan memberi manfaat lebih pada pengguna internet. Saat pada SERP tampilan deskripsi anda sangat menarik sehingga mereka mengklik untuk mengunjungi blog anda, tetapi segala harapan mereka musnah saat mereka tidak menemukan apa yang mereka cari sesuai dengan judul dan deskripsi situs, anda telah mengecewakan pengguna potensial blog anda, disaat anda pada peringkat terbaik pada kata kunci utama situs karena milyaran situs berlomba-lomba untuk menggunakan pengguna internet potensial untuk meningkat trafik situs dan pada akhirnya adalah meningkatkan penghasilan online anda.

5. Secara umum desain situs sangat baik
Tips : Saat semua poin-poin tersebut diatas dapat anda penuhi maka langkah selanjutnya desain situs anda rombak agar memberikan image betapa ekslusifnya anda. Desain grafis pada situs yang menarik dengan tertata rapi dan indah serta sempurna. Suatu artikel yang luar biasa harus dikemas dalam desain blog yang juga luar biasa adalah kunci utama sukses dalam menjalankan bisnis online. Kepercayaan penguna akan semakin meningkat yang disertai oleh loyalitas yang meningkat pula.

Sayangnya, tidak semua halaman situs berisi informasi yang bermanfaat bagi pengguna Yahoo!. Beberapa halaman situs sengaja dibuat untuk mengelabui dan menipu mesin pencari dalam menentukan tingkat relevansi dan kepantasan, hasil pencarian menjadi berlebihan atau kurang berkualitas. Hal ini sering disebut "spam." Yahoo! tidak ingin halaman-halaman situs tersebut dalam indeks.

Bahan pertimbangan Yahoo! untuk menentukan jenis konten berkualitas rendah pada situs yaitu bila :
  • Halaman yang membahayakan keakuratan, keragaman atau relevansi atas hasil pencarian. Banyak relevansi yang sama-sama kuat atas query tertentu akan memberatkan Yahoo! untuk menentukan peringkat terbaik. Yahoo! harus menghitung lebih lama untuk mengambil beberapa metrik-metrik lagi. Sehingga Yahoo! lebih menitikberatkan pada situs dengan populeritas tinggi untuk tampil pada SERP dan menghilangkan situs yang rendah populeritasnya. 
  • Halaman yang didedikasikan untuk mengarahkan pengguna ke halaman lain (doorway pages). Yang dimaksud dengan doorway pages yaitu halaman, menu, artikel yang jika diklik maka akan mengarah langsung pada situs lain. Ini sama juga anda jelas-jelas menipu dan memaksa pengguna lain untuk berkunjung ke situs lain tanpa mereka sadari. Mungkin pengguna anda akan kecewa, jengkel, kesal atau lainnya dengan membuat doorway pages. Secara tidak langsung anda telah mengusir pengunjung untuk secepatnya keluar dari situs blog anda. 
  • Beberapa situs atau halaman yang menawarkan konten yang sama secara substansial. Secara naluriah bila artikel atau konten dibuat sendiri tanpa duplikat meskipun pada topik yang sama tentu bahasa, kata, kalimat, akan berbeda, bila hal itu sama secara substansial maka dapat diidentifikasi sebagai duplikat konten. Seperti pada artikel ini contohnya, secara keseluruhan adalah dari pokok artikel dari Panduan Kualitas Konten Yahoo!, tetapi saya mengulas lebih dalam untuk penjelasan-penjelasan yang lebih rinci sehingga hal ini tidak dikatagorikan sebagai duplikat konten. Seperti Undang-undang tentu ada bab penjelasannya, inilah yang saya buat pada artikel ini. 
  • Situs dengan banyak hostname virtual yang tidak perlu. 
  • Halaman diproduksi dalam jumlah besar, yang secara otomatis dihasilkan atau yang bernilai kecil (pemenggalan halaman lain). Ada beberapa software untuk penulisan blog yang dapat memproduksi artikel dalam jumlah besar secara otomatis. Identifikasi produksi massal halaman tentu harus menyesuaikan kemampuan normal dari manusia untuk membuat suatu halaman. Bila melebihi standar kemampuan manusia tentu Yahoo! akan mengidentifikasi bahwa penulisnya adalah boot, robot atau sejenis bukan seorang manusia sebagai penulisnya.
  • Halaman menggunakan metode untuk artifisial meningkatkan peringkat mesin pencari. Kadang strategi SEO melampaui batas sehingga menghalalkan praktek-praktek tidak terpuji untuk mengelabui crawler saat mengambil data pada situs. Bisa dengan daftar isian kata kunci, link atau lainnya agar memberikan tingkat relevansi, populeritas untuk meningkat peringkat mesin pencari. 
  • Penggunaan teks atau link yang tersembunyi dari pengguna. Hal ini dimaksudkan hanya untuk mesin pencari bukan manusia. Mesin pencari dapat melihat tetapi manusia tidak bisa melihat dengan cara mengubah warna teks sesuai dengan warna background. Bila warna background putih maka warna teks juga putih, ini yang disebut menyembunyikan dari pandangan mata pengguna. Atau juga bisa membuat ukuran teks sangat kecil sekali sehingga pengguna tidak bisa membaca teks tersebut.
  • Halaman yang memberikan konten yang berbeda antara mesin pencari dan yang terlihat oleh manuasia (cloaking).
  • Tautan link (backlink) berlebihan untuk mengkaitkan dengan situs lain yang jelas-jelas akan meningkatkan popularitas sebuah situs (skema link), panduan lebih lanjut baca 10 hal yang dihindari dalam membangun link
  • Halaman dibangun terutama untuk mesin pencari atau halaman dengan kata kunci yang berlebihan atau tidak sesuai topik.
  • Penyalahgunaan nama pesaing untuk mengalahkan pesaing bisnis
  • Beberapa situs yang menawarkan konten yang sama. 
  • Situs yang menggunakan iklan pop-up yang berlebihan yang mengganggu navigasi pengguna.
  • Halaman yang tampaknya menipu, penipuan, atau tidak memberikan nilai tambah bagi pengguna Yahoo!

Yahoo! berhak, atas pertimbangan sendiri untuk mengambil tindakan apapun dan semua yang dianggap tepat untuk memastikan konten berkualitas tinggi dalam indeks pencarian. Tips-tips membuat Konten Berkualitas Tinggi tersebut diharapkan dapat menempatkan peringkat teratas situs anda di hasil pencarian Yahoo! dan memberikan pengalaman yang terbaik dan menambah nilai manfaat bagi pengguna Yahoo!. Yahoo! mengharapkan konten anda asli dan bermanfaat bagi pengguna Yahoo! bukan mesin pencarinya.

Referensi : Panduan Kualitas Konten Yahoo!

0 komentar:

Posting Komentar