21 Agustus 2011

Kualitas Konten Versi Bing

Pada posting terdahulu tentang konten berkualitas tinggi versi google dan konten berkualitas tinggi versi Yahoo! , sekarang bagaimana suatu konten atau artikel blog mempunyai kualitas tinggi versi bing. Pada bing tidak jauh berbeda dalam mengidentifikasi konten berkualitas tinggi atau rendah.

Suatu konten dapat dikatakan sebagai berkualitas tinggi bila dapat memenuhi memuaskan harapan :
1. Pengguna internet/ pengunjung
Apakah pengunjung merasa konten yang anda hasilkan berkualitas tinggi? Mereka terlibat dengan konten?. Pengunjung yang banyak datang pada situs anda, tentunya sebagian besar berasal dari mesin pencari belum dapat menjamin kualitas konten yang anda sajikan. Hal ini dikarenakan terlebih dahulu melihat berapa lama pengunjung anda berada pada situs blog anda? Meski anda telah berusaha keras untuk menyajikan konten yang berkualitas tinggi, belum tentu menurut cara pandang pengunjung anda. Pengunjung lebih cepat meninggalkan situs anda menandakan bahwa kualitas konten situs adalah rendah. Konten yang anda sajikan ternyata tidak sesuai dengan harapan pengunjung inginkan. Berapa banyak pengunjung membuat aktivitas untuk mengunjungi halaman lain pada situs anda, berapa banyak aktivitas berbagi/share, dan lainnya.

2. Mesin Pencari
Pengambil data situs yaitu crawler dari mesin pencari juga memerlukan atau mengkomsumsi konten yang anda sajikan seberapa banyak crawler "dapat" menemukan konten anda. Crawler dapat memberi petunjuk tentang kualitas konten. Seberapa bisa crawler dapat mengindeks setiap halaman yang telah anda persiapkan untuk mereka crawler. Kualitas konten yang baik tidak menempati peringkat terbaik salah satu penyebabnya adalah crawler tidak dapat mengindeks suatu konten/artikel yang terbaik sehingga konten tersebut tidak ada dalam indeks  atau mereka kurang maksimal saat menjelajah situs anda. Inilah perlu kita belajar tentang SEO yaitu memberikan sesuatu yang terbaik bagi mesin pencari untuk menempatikan peringkat terbaik atas query tertentu.
Saat anda telah melayani dengan baik saat crawler menjelajahi situs anda, tetapi deskripsi dan konten anda sangat mirip dan banyak terdapat pada situs lain atau termasuk duplikat konten, crawler merasa konten anda tidak berguna lagi karena bing menganggap pencarian oleh pengguna bing dapat diarahkan dan terpenuhi pada situs lain tersebut. Pada akhirnya situs anda tidak dimasukan dalam indeks bing.

Penerima manfaat konten yang anda sajikan baik pengguna internet maupun mesin pencari dapat mengumpulkan dan mengirimkan beberapa sinyal dan metrik untuk identifikasi kualitas konten. Anda mungkin bertanya dari mana mereka mengambil semua sinyal dan metrik pada situs anda? Crawler dapat mengambil segala konten, statistik maupun data anda yang telah anda sediakan seperti sitemap, robot teks, data server, baik dari situs anda maupun dari situs lain yang mempunyai hubungan / link dengan situs anda. Semua akan dihitung dan dikumpulkan menjadi rekapitulasi atas nilai/bobot/skor atas query pada mesin pencari.

Bing telah mengisyaratkan beberapa hal yang harus anda hindari ketika membuat konten/artikel pada situs atau blog anda agar konten , antara lain :
1. Duplikat konten
Semua mesin pencari baik Google, Yahoo! maupun Bing pertama kali faktor yang terpenting yaitu MENGHARAMKAN DUPLIKAT KONTEN alias konten yang anda sajikan copy paste / duplikat / kembar dari situs lain. Perilaku duplikat konten dalam sampah / spam / scam untuk mesin pencari karena memberatkan kerja mesin pencari, menipu pengguna, pembajak, melanggar hasil karya orang lain dan lainnya. Saya percaya bila anda menulis tanpa copy paste tentu gaya tulisan akan berbeda sama sekali dengan sumber inspirasi blog anda tulisan anda akan semakin unik punya nilai lain dari setiap analisa yang dikupas. Boleh jadi semua makan nasi tapi cara memasak, menyajikan nasi tentu beda. Ada nasi goreng, gule, sate, ayam goreng, rawon, soto dan lain-lain. Inilah yang diharapkan dari semua mesin pencari anda harus pintar membuat suatu resep olahan yang tentu beda rasa dan dalam penyajiannya.

2.Konten Singkat 
Suatu konten singkat dapat dikatagorikan sebagai konten dengan kualitas rendah. Konten singkat kurang dapat memberi gambaran yang jelas dan lengkap tentang topik yang dimaksud. Sehingga akan memperlemah tingkat relevansi dan otoritas pada topik yang berlangsung. Diusahakan minimal 300 kata saat menulis artikel blog. Suatu artikel yang panjang dapat juga memberikan keuntungan dalam SEO dikarenakan lebih kaya kata kunci yang dapat diindeks oleh mesin pencari, sehingga dimungkinkan dapat membawa tambahan trafik.

3. Konten semua teks atau semua gambar. 
Jika konten tidak mempunyai keseimbangan antara teks dan gambar. Konten berkualitas tinggi memuat suatu gambar yang dapat menjelaskan isi, atau menggunakan teks untuk menjelaskan tentang rincian tentang gambar atau halaman. Teks dalam gambar tidak dapat dibaca oleh crawler, lebih membuat meta tag alt dan title untuk menjelaskan rincian maksud dalam suatu gambar yang anda buat sehingga dapat crawler dapat mengerti maksud pada gambar tersebut.

4. Tidak ada tombol berbagi/share
Bila suatu situs tidak widget jejaring sosial agar pengguna mau berbagi pada teman atau pada media yang lain tentang nilai manfaat yang besar pada konten dengan topik yang berlangsung dapat dikatakan sebagai konten yang berkualitas rendah. Tapi sebaliknya, memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk berbagi ke media sosial dapat dikatakan sebagai konten berkualitas.

5. Tidak menyediakan terjemahan dalam bahasa lain.
Bila pada situs blog anda tidak ada widget translate merupakan indikasi sebagai konten berkualitas rendah. Anda dikatagorikan tidak melayani secara serius pada pengguna selain bahasa yang anda gunakan pada situs anda.

6. Konten terburu-buru diterbitkan.
Maksudnya adalah konten banyak terdapat kesalahan kalimat, tata bahasa, ejaan yang berlaku. Hal ini memberikan indikasi bahwa konten tidak ada kendali atas mutu atau pemeriksaan atas konten. Suatu konten berkualitas apabila widget translate dengan sempurna dapat menerterjemahkan setiap teks yang telah anda buat. Suatu teks yang salah ejaan dan tata bahasa tidak dapat diterjemahan dengan sempurna alias sesuatu dengan teks asli yang salah. Update blog bila ada salah ejaan dapat dibenarkan dan dianjurkan sebagai kontrol kendali mutu konten.

7. Ukuran video sangat besar
Jika situs anda menyediakan beberapa visual video diusahakan berukuran seminimal mungkin. Pengunjung tidak akan terlalu lama menunggu download video. Jika video terlalu lama atau panjang dikuatirkan pengunjung anda kecewa. Diusahakan 3 - 4 menit durasi video dengan penjelasan teks tentang materi yang termuat pada video.

8. Halaman terlalu panjang.
Terlalu panjang halaman dapat diindikasi sesuatu yang tidak adil pada pengguna karena tidak memberikan kesempatan pengguna untuk istirahat. Sampai saat ini saya belum tahu ukuran bahwa halaman dikatagorikan terlalu "panjang", bing hanya mensyaratkan memberikan anjuran untuk menyeimbangkan panjang halaman saja dan adil pada pengguna untuk istirahat.

9. Jangan membuat artikel lagi yang lebih panjang pada halaman lain.
Pastikan bahwa artikel anda sangat berharga pada pengguna blog anda. Jangan hanya menambah sesuatu yang sudah/ pada halaman lain. Juga teks, gambar atau video merupakan satu kesatuan yang relevan utuh saling dukung mendukung atas topik yang berlangsung.


Beberapa hal-hal yang tersebut diatas dapat memberikan panduan untuk membangun kualitas konten. Semua kebutuhan tentang informasi yang dibutuhkan kepada pengguna internet dapat anda sajikan dan memberikan kepuasan pengguna. Pengguna tetap akan berada pada anda menjadi pengunjung setia pada blog anda. Saat pengunjung merasakan kepuasan, mereka akan tetap bersama anda, klik pada halaman lain. Segala aktivitas pengguna pada situs anda dapat dirasakan dengan jelas oleh mesin pencari. Bila penguna tetap bersama anda sekitar dua sampai tiga menit untuk mengkomsumsi apa yang anda sajikan menunjukkan konten anda berkualitas tinggi.


Jika telah membuat konten kualitas tinggi baik bagi pengguna maupun mesin pencari menunjukkan responnya. Pengunjung anda berbagi saat menemukan sesuatu yang bermanfaat akan meningkatkan nilai anda dan menunjukkan pada mesin pencari anda seorang yang berharga. Mesin pencari sendiri dapat melihat link yang dibangun, interaksi yang terjadi antara pengguna dan mesin pencari saat pengguna klik pada SERP dapat memberikan peringat yang terbaik pada anda. 

Membuat dan membangun kendali mutu atas kualitas konten dapat memberikan jaminan pasti atas masa depan situs. Sebaliknya membuat dan membangun kualitas konten yang rendah akan memberikan masa depan yang suram dalam perjalanan situs anda.

0 komentar:

Posting Komentar