3 Juli 2011

Google Analystic Faktor Peringkat SERP

Cepat atau lambat PageRank (PR) hasil karya Larry Page dan Sergey Brin pendiri Google akan "dihapus!", demikian seperti yang diungkapkan oleh Susan Moskwa seorang Webmaster Trends Analyst Google di Blog Google Webmaster Central, beberapa hari yang lalu (30 Juni 2011). Algoritma tidak akan menimbang lebih berat pada PR. Salah satu pengukuran sinyal peringkat mesin pencari adalah semua laporan situs anda di Google Analystic. Sekarang anda harus membuat jadwal rutin untuk memantau statistik grafik situs anda di Google Analystic. Karena Google Analystic merupakan salah satu faktor peringkat SERP (Search Engine Results Page) atau Halaman Hasil Mesin Pencari pada situs anda.

Pada Google Analystic dapat diketahui tentang tingkat konversi, tingkat bouncing dan rasio per klik tayang (RKT). Sebelumnya anda harus mempunyai account di Google Analystic, jika belum mempunyai account silakan ke ambil kode disini.



Tingkat Konversi
Tingkat Konversi adalah saat pengunjung melakukan seperti apa yang anda harapkan pada situs anda. Seperti, melakukan pembelian, mendownload, klik arahan link, langganan RSS atau email, mendaftar anggota dan lainnya. Jadi, tingkat konversi adalah persentase pengunjung yang melakukan konversi. Semakin tinggi semakin baik.
Tips Meningkatkan Tingkat Konversi :
- Membuat daftar isian untuk pengunjung pada homepage
- Merancang desain web untuk memancing rasa penasaran pengunjung, seperti desain yang disengaja untuk menghalang-halangi kontak mata pengunjung.
- Testimonial
- Memberikan arahan pengunjung dengan menempatkan jaminan keamanan (McAfee Secure, Paypal, Visa atau lainnya) di bawah link arahan untuk pengunjung.
- Membuat halaman aksi tunggal arahan pada homepage
- Membuat ucapkan selamat datang kepada pengunjung saat pertama kali masuk sebelum masuk ke halaman yang sebenarnya dituju pengunjung dengan memohon dengan hormat menulis nama pengunjung pada isian. Diusahakan agar pengunjung senyamanan mungkin dengan desain anda tersebut.

Tingkat Bouncing
Tingkat Bouncing (Memantul) adalah banyaknya pengunjung saat datang ke situs anda dan meninggalkan tanpa mengunjungi halaman lain di situs anda. Atau juga pengunjung datang dari mesin pencari, saat ada di situs anda kemudian pengunjung segera menekan tombol Back untuk kembali ke mesin pencari. Jika pengunjung kembali ke mesin pencari maka SERP, Google akan mengatakan "Block all www..... results". Saat itu Google ingin meminta bantuan seseorang untuk pencarian terbaik Google saat mereka melakukan bouncing.

Saat pengunjung melakukan bouncing, Google beranggapan bahwa konten mempunyai kualitas rendah sehingga pengunjung "buru-buru" meninggalkan situs anda. Yang dimaksud dengan "buru-buru" yaitu pengunjung berada di situs anda kurang dari "1,5 menit.!" Lebih 1,5 menit, saya beranggapan "bukan bouncing". Karena lebih dari 1,5 menit tidak mengambil halaman lain pada pengunjung setia (dapat diindentifikasi melalui IP address pengguna) atau "belum" sudah memenuhi nilai manfaat kualitas konten tinggi. Mungkin saat itu pengunjung hanya memerlukan satu informasi saja. Saat ini tingkat bouncing masih dalam perdebatan pada forum-forum atau pada posting di blog webmaster central tersebut di atas. Tingkat bouncing semakin rendah semakin baik.
Tips mengurangi tingkat bouncing :
- Membuat konten dengan kualitas tinggi dan unik
- Membuat konten lebih dari 300 kata atau lebih agar pengunjung lebih lama pada situs anda sehingga bisa melakukan konversi mengurangi bouncing.
- Membuat link terkait dengan topik bahasan, daftar blog, blog populer atau lainnya.
- Membuat gadget share (berbagi) seperti addthis, tombol google +1 atau lainnya

Rasio Kli per Tayang (RKT)
Susan Moskwa mengatakan :
"Dalam konteks hasil pencarian organik, rasio klik per tayang adalah seberapa sering orang mengklik situs Anda keluar dari semua kali situs Anda akan ditampilkan dalam hasil pencarian. RKT yang rendah berarti bahwa, tidak peduli seberapa baik situs Anda peringkat, pengguna tidak mengklik untuk itu".
Jadi RKT adalah rasio banyaknya klik pengunjung saat berada di situs anda. Baik untuk tombol berbagi, like, twitteed, atau apa saja saat pengunjung klik pada halaman situs anda. Semakin tinggi semakin baik.
Tips meningkatkan Rasio Klik per Tayang adalah seperti saya jelaskan pada poin-poin tingkat konversi dan bouncing tersebut diatas, bila telah anda jalankan akan meningkatkan RKT anda.

Meskipun Pagerank sekarang bisa dianggap "tidak berguna", tetapi anda harus tetap membangun link (Lihat : Cara Membangun Link Berkualitas Tinggi Secara Alami , Bentuk dan Pola Pertukaran Link , 10 Hal yang dihindari dalam Membangun Link ) karena bukan untuk tujuan meningkatkan pagerank tetapi populeritas link pada teks jangkar karena link pada situs lain dengan teks jangkar kata kunci masih dihitung lebih tinggi (Lihat :  Nilai Link Jejaringan Sosial pada Algoritma Terbaru Google ).

Algoritma peringkat google sekarang menempatkan lebih tinggi dan berat pada OTORITAS MANUSIA, artinya manusia jugalah yang dapat meningkatkan peringkat situs anda di mesin pencari google pada lapisan jaringan sosial. Nilai manfaat dengan kualitas konten yang berperan, kita harus berprinsip "KONTEN ADALAH RAJA".

0 komentar:

Posting Komentar