15 Mei 2011

Perang Kata Kunci Bagian Satu

Sudah empat bulan perjalanan blog sumberjambe. Empat bulan saya berusaha memberikan kekuatan pada blog ini. Empat bulan yang lalu, saya tidak mengerti tentang SEO, bangunan link, pagerank, script HTML dan lainnya, sekarang masih sedikit tahu tentang rahasia kekuatan suatu blog. Blog yang baik tentu dengan banyak pengunjung setiap harinya dan ini bisa diketahui peringkat Alexa.

Selama empat bulan, sekitar 60% pengunjung berasal dari search engine. Ini berarti peringkat blog tentu sangat baik. Sehingga mampu tampil pada halaman pertama search engine khususnya Google. Inilah pentingnya SEO secara alami. Banyak situs yang harus beriklan khususnya di search engine untuk tampil dan dilihat pengunjung saat mereka memasukkan kata kunci yang ditarget. Hal ini dikarenakan kata kunci mereka harus kalah bersaing dengan situs lainnya. Inilah pentingnya optimasi kata kunci yang ditarget.

Empat bulan terus browsing dan surfing mencari kekuatan suatu blog. Memberikan kekuatan blog adalah keharusan agar blog mampu tampil di TOP 10 terutama untuk Google, Yahoo dan Bing. Terus mendaftar situs blog pada semua search engine dan direktori untuk menempatkan link blog. Semakin banyak link blog yang terindeks di semua search engine maupun di beberapa direktori, semakin kuat blog. Saat ini kata kunci “sumberjambe” mampu melampaui semau website papan atas, seperti facebook, wikipedia, wikimapia, maplandia, kantor pos indonesia, dan semua situs yang memasukkan wilayah “sumberjambe” sebagai bagian dari suatu kecamatan di Indonesia.

Saat orang berkepentingan pada sumberjambe, saat itu semua search engine mengarahkan blog sumberjambe pada posisi pertama. Sumberjambe suatu kecamatan terbelakang tentu banyak penelitian, Kuliah Kerja Nyata, dan lainnya yang memerlukan data tentang sumberjambe. Inilah pentingnya kata kunci yang mengikutsertakan lokasi sebagai kata kunci. Kualitas pengunjung semakin tinggi dan berkepentingan sekali terhadap apa yang diharapkan pengunjung. Hal ini juga berlaku bagi bisnis online, meskipun hasil pencarian semakin menyempit tapi mempunyai kualitas pengunjung yang sangat tinggi melakukan aksi atas barang atau jasa yang ditawarkan. Penargetan kata kunci lebih khusus seperti lokasi dan spesialisasi barang atau jasa, bagai alat saring pengunjung. Penargetan kata kunci lebih khusus bisa menjadi kata kunci utama maupun alternatif.

Kata kunci merupakan pintu gerbang utama pengunjung datang ke situs. Saat kata kunci anda lemah jangan berharap banyak pengunjung datang ke situs anda. Perebutan kekuasaan atas suatu kata kunci bagaikan perang dunia ketiga. Mengapa? Internet adalah sarana komunikasi, jaringan, penghubung pada masa datang. Internet merupakan sarana utama manusia untuk memenuhi segala kebutuhan hidup di masa datang. Pengguna internet semakin hari semakin bertambah banyak di seluruh dunia, jumlah situs pun demikian. Saat ini diperkirakan sekitar 24 miliar situs yang terdaftar aktif. 24 miliar situs merebut kekuasaan atas suatu kata kunci. Genderang perang kata kunci pun sudah lama ditabuh.

Saat pertama saya tahu rahasia kata kunci paling utama untuk dioptimasi, saat itu saya bergerak mencari kata kunci unik untuk ditarget. Saat pertama saya hanya menargetkan kata kunci “sumberjambe” kemudian berkembang menjadi “sumberjambe tips trik rahasia seo indonesia bisnis”. Mengapa saya menargetkan kata kunci ini?. Kata kunci maupun frase-nya ini belum dioptimalkan oleh situs manapun, tetapi dengan hasil pencarian yang banyak. Minimal 500 ribu hasil pencarian, kecuali “sumberjambe” saat ini masih dibawah 50 ribu, karena ini adalah alat saring atas pengunjung khusus blog ini.

Banyak situs lain feeds post atas kata kunci tersebut, dan memasukkan artikel blog ini ke dalam situs mereka. Dan mereka memberikan arahan ke blog ini, meskipun juga ada yang belum memberi arahan ke blog ini (saya berharap agar mengarahkan ke blog ini, hal ini supaya memberikan gairah pada saya untuk membuat artikel blog lagi). Yang menjadi keprihatinan saya, adalah artikel blog ini “sekilas tentang pesawat jet” menjadi thread yang panas di Kaskus.us dengan thread “cara kerja dan tentang pesawat jet”. Semua copy paste pada blog ini. Dan judul thread ini pun juga menyebar kemana-mana. Atau dengan sebab lain, saya belum menemukan jawabannya sampai saat ini. Saya pun tak habis pikir tentang ini. Pusing. Mungkin anda bisa bantu???

Karena kata kunci “cara kerja pesawat jet” menjadi saran pencarian di search engine google.. Dan beberapa hari kemudian untuk kata kunci “cara kerja pesawat jet” hilang dari TOP 10 dan yang menyedihkan saya adalah hilang atau terlempar dari TOP 100. Saat saya tahu bahwa artikel asli saya kalah dari artikel palsu, yang hanya tersenyum saja, semasih ada indeks untuk blog ini. Tetapi saat kata kunci “cara kerja pesawat jet” hilang dari indeks search engine. Sungguh ini membuat gairah saya membuat artikel turun dratis. Saya mencari bahan dan literatur dengan susah payah disebabkan juga laptop (celeron) dan modem (rata-rata 10 kbps sering terputus-putus) jaman dulu (jadul). Dan meng-edit dan update sebanyak 4 kali untuk artikel tersebut.

Saya jadi bertanya-tanya mengapa kata kunci ini hilang dari indeks google. Ini dapat ketahui saat saya menggunakan Software SEO Ranktracker kata kunci. Apa google mengira artikel saya jiplak, dan mungkin artikel saya dikatagorikan SPAM, karena pagerank, populeritas link kalah jauh dari Kaskus.us sebagai 10 besar traffic alexa, bagai langit dan bumi. Biarlah semua ini berlalu sebagai pelajaran bagi saya untuk tetap termotivasi membuat artikel baru di blog ini. Semoga kegagalan dan ketidakadilan buat saya, akan membesarkan blog ini. Terus berkarya demi kemajuan Indonesia dan khususnya untuk kecamatan sumberjambe (tempat saya bekerja sebagai PNS). Sekaligus untuk menyalurkan hobi saya tentang tulis menulis.

Lanjutan ke Perang Kata Kunci Bagian Dua Backlink

0 komentar:

Posting Komentar