16 Februari 2011

Pay Per Click (PPC)


Ribuan bisnis di dunia sudah menggunakan kekuatan pemasaran tertarget tepat menggunakan Pay Per Click (PPC) Marketing untuk memaksimalkan pengembalian dari biaya pemasaran mereka. Sudahkah anda?

Pay Per Click (PPC) Marketing juga dikenal sebagai paid search atau paid placement. PPC adalah sebuah revolusi dari metode pemasaran internet yang telah mendapatkan dasar yang kuat dalam industri pemasaran dan periklanan secara global dan di Indonesia sendiri dalam beberapa tahun terakhir ini.

PPC dijelaskan sebagai model periklanan yang menggunakan mesin pencari (search engines), jaringan pengiklan (advertising networks) dan jaringan konten (content network) dimana pemasang iklan hanya dikenakan biaya ketika pengguna klik pada iklannya untuk mengunjungi website pemasang iklan. Operator jaringan terluas untuk PPC adalah Google AdWords, Yahoo! Search Marketing dan Microsoft adCenter. Banyak bisnis di Indonesia secara efektif mendaftarkan iklan mereka menggunakan jaringan besar ini.

Pemasang iklan memasang iklan mereka berdasarkan kata kunci (keywords) yang diprediksikan sebagai apa yang akan target pelanggan mereka gunakan (search query) untuk mencari di search engines. Iklan akan muncul pada saat search query sesuai dengan daftar kata kunci yang digunakan oleh pemasang iklan. Pemasang iklan PPC biasanya muncul dibagian kanan (atau bagian atas) dari halaman hasil pencarian search engine. Pada saat pengguna menemukan bahwa iklan relevan dan klik pada iklan tersebut, pemasang iklan akan dikenakan biaya dan biaya ini biasa disebut cost-per-click (CPC).

Iklan PPC juga bisa muncul di website dari jaringan konten. Dalam hal ini, ad networks seperti Google AdSense dan Yahoo! Publisher Network akan menempatkan iklan yang relevan dengan konten dari halaman yang bisa menampilkan iklan, dan tidak ada fungsi pencarian disini.

Pemasaran PPC memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan pemasaran online lain seperti iklan banner, dan bahkan medium pemasaran iklan offline seperti radio dan TV. Ini alasannya:

Immediacy – Iklan anda dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian search engine dalam 15 menit.

Cost Effective - Biaya dikenakan hanya pada saat iklan anda di klik dan seseorang mengunjungi website anda. Ini adalah perubahan yang besar dari media tradisional dimana iklan dibayar tanpa memperdulikan bahwa iklan dilihat atau tidak.

Wide-Exposure - Delapan dari sepuluh sesi web dimulai dengan pencarian di search engine. Pemasaran Pay-per-click menggaransi iklan anda ditampilkan pada saat prospek mencari produk atau jasa anda.

Relevant - Iklan anda hanya muncul untuk keywords yang spesifik.Sebagai tambahan, anda bahkan bisa menargetkan negara dimana iklan anda ingin ditampilkan, hal seperti ini meningkatkan relefansi dan ke-efektifan iklan anda.

Controllable - Anda bisa mengontrol berapa biaya yang ingin anda keluarkan untuk setiap kata kunci dan membatasi berapa besar biaya budget iklan anda setiap hari. Anda bisa ramp up, ramp down, turn on atau turn off kampanye iklan anda seketika. Anda mempunyai kontrol ketat untuk budget pengeluaran dan mengijinkan anda untuk mengikat biaya pengeluaran kampanye PPC anda beserta dengan aktifitas marketing lainnya.

Measurable -Kampanye pay-per-click anda bisa dilihat melalui laporan pada basis reguler untuk memastikan biaya yang dikeluarkan oleh klien tidak melewati limit yang telah dibuat.

Higher Conversion - Iklan PPC mendapatkan konversi lebih tinggi dibandingkan dengan medium periklanan lain karena iklan PPC hanya muncul pada saat kata kunci yang relevan dicari.

Terakhir, bila strategi pemasaran produk anda menggunakan PPC sebaiknya menyesuaikan dengan kondisi keuangan anda dengan kontrak biaya sesuai keuangan anda. Evaluasi dampak PPC terhadap keuntungan yang anda peroleh, berapa anggaran yang anda keluarkan untuk PPC, berapa keuntungan anda peroleh, keuntungan atau kerugian dengan PPC bagi keuangan anda. Bila brand produk anda sudah tercipta, kurangi anggaran untuk PPC dan alokasikan anggaran untuk penggunaan Software Search Engine Opimization (SEO) yang lebih murah dan efektif dalam pencarian produk yang anda tawarkan.

0 komentar:

Posting Komentar