12 Januari 2012

Jenis Layanan Komputer Awan

Komputer awan adalah istilah umum untuk segala sesuatu yang melibatkan host yang memberikan layanan melalui Internet. Jenis Layanan komputer awan ini dibagi menjadi tiga kategori: Infrastructure-as-a-Service (IaaS), Platform-as-a-Service (PaaS) and Software-as-a-Service (SaaS).

Komputer awan namanya terinspirasi oleh simbol cloud yang sering digunakan untuk mewakili Internet dalam flowchart dan diagram.

Sebuah layanan komputer awan memiliki tiga karakteristik yang berbeda yang membedakannya dari hosting tradisional. Dijual sesuai dengan permintaan pelanggan. Pelanggan dapat menerima layanan sesuai permintaannya baik sedikit maupun banyak untuk akses pada waktu yang ditentukan (biasanya dalam menit atau jam). Layanan ini sepenuhnya dikelola oleh provider kecuali untuk komputer dan akses internet.

Sebuah komputer awan dapat bersifat pribadi atau umum. Sebuah komputer awan umum menjual layanan kepada siapapun di Internet (Saat ini, Amazon Web Services adalah penyedia komputer awan umum terbesar). Sebuah komputer awan pribadi merupakan jaringan milik atau pusat data yang memasok layanan host ke sejumlah orang yang terbatas. Ketika penyedia layanan umum menggunakan sumber daya komputer awan untuk menciptakan komputer awan pribadi mereka, hasilnya disebut virtual komputer awan pribadi. Pribadi atau umum, tujuan dari komputer awan adalah untuk menyediakan dengan mudah, akses skalabilitas untuk sumber daya komputasi dan layanan Teknologi Informasi.

Pengertian Infrastructure-as-a-Service (IaaS)
Infrastructure-as-a-Service (IaaS) atau Infrastruktur sebagai sebuah layanan adalah model penentuan di mana sebuah organisasi jasa kontraktor peralatan yang digunakan untuk mendukung operasi, termasuk penyimpanan, perangkat keras (Hardware), server dan komponen jaringan. Infrastructure-as-a-Service kadang-kadang disebut juga Hardware-as-a-Service (Haas).

Penyedia layanan (provider) memiliki peralatan dan bertanggung jawab untuk hosting, menjalankan dan mempertahankan untuk hal itu. Pelanggan biasanya membayar sesuai dengan penggunaannya. Contoh Penawaran IaaS: Amazon EC2, GoGrid dan Rackspace Cloud.

Karakteristik dan komponen IaaS meliputi:
  • Layanan Utilitas komputasi dan model penagihan.
  • Otomatisasi tugas-tugas administratif.
  • Dinamis scaling.
  • Virtualisasi desktop .
  • Kebijakan-layanan berbasis.
  • Konektivitas internet.

Pengertian Platform-as-a-Service (PaaS)
Platform-as-a-Service (PaaS) atau Platform sebagai sebuah layanan adalah cara untuk menyewa perangkat keras, sistem operasi (OS), penyimpanan dan kapasitas jaringan melalui Internet. Model penyediaan layanan memungkinkan pelanggan untuk menyewa server virtual dan layanan terkait untuk menjalankan aplikasi yang ada atau mengembangkan dan pengujian yang baru. Contoh Penawaran Paas: Microsoft Azure PaaS, Force.com dan Google App Engine.

Platform-as-a-Service (PaaS) adalah hasil dari Software-as-a-Service (SaaS), model distribusi perangkat lunak (software) di mana host aplikasi perangkat lunak yang dibuat tersedia untuk pelanggan melalui Internet. PaaS memiliki beberapa keuntungan bagi Pengembang (Developer) TI. Dengan PaaS, fitur OS (Operating System) dapat diubah dan ditingkatkan beberapa kali. Tim Development dapat bekerjasama dalam proyek pengembangan perangkat lunak untuk didistribusikan secara geografis.

Layanan dapat diperoleh dari berbagai sumber lintas batas internasional. Biaya awal dan selanjutnya dapat dikurangi dengan penggunaan layanan infrastruktur dari vendor tunggal. Hal ini dikarenakan beberapa fasilitas perangkat keras sering terjadi masalah ketidakcocokan atau mempunyai fungsi ganda. Total biaya dapat diminimalkan dengan cara penyatuan pengembangan pemrograman.

Kelemahan PaaS mempunyai beberapa resiko "lock-in" jika penawaran memerlukan antarmuka (interface) layanan proprietary atau bahasa pengembangan, fleksibilitas penawaran mungkin tidak memenuhi kebutuhan dari beberapa pengguna dengan spesifikasi platform yang terus berkembang.

Pengertian Software-as-a-Service (SaaS)
Software-as-a-Service atau Software sebagai Service (SaaS) adalah bentuk distribusi perangkat lunak (software) di mana aplikasi host oleh vendor atau penyedia layanan (provider) dan software dibuat untuk pelanggan melalui jaringan, biasanya Internet. Para pemasok SaaS: Netsuite, Adobe dan Salesforce.com.

Model distribusi tradisional perangkat lunak, di mana perangkat lunak dibeli kemudian diinstal pada komputer pribadi, kadang-kadang disebut sebagai perangkat lunak sebagai produk.

SaaS menjadi model pengiriman semakin lazim sebagai teknologi yang mendasari yang mendukung layanan Web dan arsitektur berorientasi layanan (Service Oriented Arcitecture/ SOA ), seperti Ajax. Sementara itu, layanan broadband semakin tersedia untuk mendukung akses pengguna di seluruh dunia. Penyedia memberikan pelanggan berbasis jaringan akses ke softcopy dari sebuah aplikasi yang dibuat khusus untuk distribusi SaaS.

Manfaat model SaaS termasuk:
  • administrasi lebih mudah
  • otomatis update dan patch management
  • kompatibilitas: Semua pengguna akan memiliki versi yang sama dari perangkat lunak.
  • mudah kolaborasi , untuk alasan yang sama
  • aksesibilitas secara global

Beberapa peta layanan dari komputer awan dari Peter Laird :
layanan komputer awan

5 Januari 2012

Membuat website agar usaha kecil menengah sukses

Ketika dihadapan bagaimana membuat website untuk usaha kecil menengah (UKM) untuk meraih sukses, sering kali dihadapan suatu kesulitan bagaimana mereka harus memulainya. Kemampuan dalam pengaturan dan pembuatan website begitu banyak pilihan. Banyak pilihan sering kali membuat kebingungan bagi pemilik UKM. Mungkin juga kemampuan dalam membuat website belum ada sama sekali.

Beberapa tips-tips berikut ini sebagai panduan untuk memecahkan persoalan dalam proses pengambilan keputusan dalam membuat website usaha kecil menengah

Mengapa perlu membuat website
Memiliki sebuah website atau blog untuk saat ini dirasakan perlu bagi kelangsungan usaha kecil menengah (UKM). Setiap tahun pengguna internet di Indonesia selalu tumbuh rata-rata 20%. Sehingga hal ini juga mempengaruhi pola masyarakat Indonesia dalam menjalankan usaha atau bisnis mereka. Mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google, bing, Yahoo! untuk kebutuhan bisnis sering dilakukan. Internet saat ini adalah merupakan kebutuhan dalam meraih sukses untuk bisnis mereka.

Membuat website usaha kecil

Kehadiran website yang terus online selama 24 jam sangat penting seperti kebutuhan telepon, faks atau juga kotak surat. Kehadiran website untuk UKM mungkin dapat bermanfaat dan digunakan untuk :
1. Alat penjualan utama. Website memang benar-benar digunakan untuk menghasilkan uang untuk transaksi secara online.
2. Alat daftar direktor dengan informasi untuk produk-produk yang mereka jual secara offline.
3. Alat untuk akses persediaan atau kolaborasi pada proyek-proyek klien atau pelanggan.
4. Alat untuk mengakses persediaan atau kolaborasi pada proyek-proyek klien.
5. Dengan website blog yang terus diperbarui yang berorientasi untuk layanan sumber daya.
6. Alat komunikasi antara pemilik UKM atau perusahaan dengan pelanggan atau konsumen.
7. Menemukan pelanggan atau klien potensial untuk menambah penjualan.
Membuat website, terutama dirancang untuk menjadi alat pemasaran internet yang efektif, bisa sangat berharga bagi usaha kecil. Tanpa website yang tepat, orang tidak akan dapat menemukan usaha kecil menengah anda.

Membuat sendiri atau menyerahkan kepada pihak lain
Pilihan 1: Membuat sendiri
Kelebihan: Anda akan menghemat uang dengan melakukannya sendiri, anda mempunyai kendali penuh atas tampilan desain, tata letak dan lainnya untuk website anda. Jika diri anda menjadi administrator, Anda memiliki kebebasan untuk memperbarui dan membuat perubahan setiap saat ketika Anda merasa itu perlu dilakukan. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang desain website dasar ada alat gratis yang akan memungkinkan Anda untuk membuat website anda sendiri terlihat profesional.

Kekurangan: Jika Anda tidak tahu banyak tentang komputer dan / atau desain website bisa memakan waktu untuk mempelajari segala sesuatu agar website berjalan sempurna, seperti script HTML, optimasi mesin pencari dan lainnya. Juga, jika Anda memilih untuk menjadi seorang administrator, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu yang didedikasikan untuk membuat setiap pembaruan dan perubahan ke website.

Pilihan 2: Menyerahkan pada pengembang/developer website
Kelebihan: Anda akan mendapatkan halaman web yang dirancang dengan baik bersih dalam waktu singkat jika Anda menyewa pihak lain, pembuat jasa website atau developer website. Juga, mereka akan mengurus segala perubahan dan pembaruan di masa depan. Seorang profesional desainer juga akan memiliki kemampuan untuk membuat situs benar-benar unik yang berada di luar kemampuan anda sendiri. Plus, akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk mencurahkan ke tanggung jawab lain yang Anda miliki untuk menjalankan bisnis Anda.

Kekurangan: Anda mungkin tidak selalu memiliki kontrol sebanyak jika situs anda lakukan sendiri. Juga, beberapa pengembang mungkin sibuk sehingga memerlukan waktu untuk mendapatkan situs Anda selesai dibuat.
---> Yang paling penting untuk diingat tentang menyerahkan pada developer website, anda terlebih dahulu melakukan penelitian mendalam pada mereka. Jika Anda akan membayar uang, pastikan Anda akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan dan dalam waktu yang Anda harapkan.

Pilihan 3: Menggunakan layanan pihak ketiga
Beberapa layanan web hosting menyediakan pre-built halaman dan template yang dapat digunakan untuk memulai dan membuat website.

Kelebihan: Website ini akan diberikan secara gratis, dan Anda akan dapat mencari tema yang baik, template atau desain juga. Blogger , tumblr atau Wordpress adalah cara yang bagus untuk memulai dengan sebuah blog secara online. Google Sites adalah pilihan lain gratis yang cukup baik. Yang diperlukan hanyalah anda harus mempunyai e-mail untuk registrasi dan mengisi format yang diperlukan, seperti anda registrasi di Facebook.

Kekurangan: Situs ini akan berada di bawah kendali pihak ketiga sebagai penyedia dan Anda mungkin tidak memiliki fleksibilitas untuk melakukan segala sesuatu yang Anda inginkan. Pembayaran, misalnya, mungkin akan sulit, meskipun ini bervariasi dari layanan ke layanan. Dan website ini bukan sepenuhnya milik anda, sewaktu-waktu bisa saja menghapus website bila anda mempunyai masalah yang tidak anda sengaja.

Cara menentukan jenis website yang anda inginkan
Banyak pilihan dari satu pilihan anda untuk membuat website dapat menambah kebingungan pada proses pembuatan. Salah satu cara untuk mulai mempertimbangkan pilihan-pilihan adalah untuk memutuskan apa kebutuhan anda :

Sederhana: Jika bisnis Anda tidak berbasis web dan Anda hanya menginginkan sebuah tempat di web, hanya daftar barang yang anda jual secara offline, atau blog senderhana, informasi produk dan jasa yang anda sediakan.

Menengah: Jika Anda akan menjual produk secara online dan perlu untuk mendirikan sebuah situs e-commerce, ada banyak produk dan layanan yang murah dan mudah untuk anda dapatkan.

Kompleks: Jika situs Anda berbasis dari sebuah bisnis online, kemudian mengembangkan hal itu, mungkin akan membutuhkan banyak waktu dan sumber daya untuk menciptakan dan meluncurkan.

Sangat kompleks: Jika situs Anda akan mengandung sejumlah besar konten dan data yang digunakan dalam cara yang khusus, juga akan membutuhkan perusahaan pengembangan kustom untuk memulai dan membuat website.

Memilih nama domain
Sebuah nama domain, kadang-kadang disebut URL, adalah "alamat web" string dari huruf yang akan berfungsi sebagai sarana bagi orang untuk menemukan website Anda. Anda dapat mendaftarkan alamat website yang Anda inginkan dengan mudah melalui layanan yang disebut layanan pendaftaran domain. Biaya untuk mendaftarkan nama domain bisa saja hanya dua ratus ribuan rupiah per tahun, atau, jika Anda banyak membeli nama domain yang sudah ada dari seseorang, mungkin bisa jutaan rupiah.

Memilih nama domain yang belum ada atau terdaftar juga merupakan tantangan bagi anda. Banyak kata-kata mudah diingat, pendek, kombinasi huruf, kata-kata produk/jasa populer mungkin besar telah ada.Namun, dengan sedikit kreativitas, Anda masih dapat datang dengan alamat yang akan tepat untuk usaha kecil menengah Anda.
Berikut adalah beberapa saran untuk memilih alamat website yang tepat untuk usaha Anda:
- Semakin pendek semakin baik. Semakin panjang nama alamat website, kemungkin besar orang susah mengingat, bisa salah ketik nama domain sehingga orang tidak akan menemukan website anda, tapi mungkin saja website orang lain.

- Pertimbangkan menjatuhkan huruf konsonan/ huruf mati atau banyak huruf vokal - seperti Flickr, nama blog ini juga (waktu itu saya belum mengerti apa-apa tentang dunia internet), souveiniers.com ; dan lainnya.

- Tambahkan kata lain untuk nama perusahaan Anda: jual, toko, usaha, dagang, atau kata lain yang mencerminkan usaha atau produk anda.

- Banyak layanan registrasi nama domain akan menyarankan alternatif jika yang Anda inginkan untuk menggunakan.

- Memilih nama domain adalah sangat penting karena tetap dan tidak mudah berubah. Nama domain kadang-kadang disebut sebagai "real estate" di web. Anda bisa mengubah desain situs atau judul website Anda berkali-kali, itu tidak mudah untuk mengubah nama domain.

- Anda bisa "dot" domain yang berbeda untuk situs Anda, Anda tidak harus hanya memiliki satu. Seperti, blog.sumberjambe.com ;

- Pertimbangkan untuk menggunakan kata kunci umum di domain Anda. Setelah kata-kata dalam domain Anda membuat lebih banyak orang mungkin akan menemukan bisnis online Anda. Misalnya, "www.tokobajuku.blogspot.com" mungkin lebih baik daripada "www.tokojember.blogspot.com" karena lebih banyak orang akan mencari pada baju daripada jember.

- Persiapkan beberapa nama alamat domain minimal 5 – 10 nama untuk mengantisipasi bahwa nama tersebut sudah ada. Atau paling mudah ketik nama yang anda persiapkan di browser seperti Firefox, google chrome, internet explorer. Jika sudah ada akan menunjukan website dimaksud, jika peringatan nama domain tidak ditemukan berarti belum ada nama tersebut.

Memilih layanan web hosting
Sebuah website sederhana hanya akan membutuhkan solusi web hosting sederhana. Sering kali, perusahaan yang sama yang Anda gunakan untuk akses internet akan memberikan rencana hosting website sederhana bagian dari layanan tersebut. Seperti kebutuhan Anda menjadi lebih kompleks, kebutuhan hosting Anda mungkin juga menjadi lebih kompleks.

Kebutuhan untuk meningkatkan bandwidth (kapasitas untuk mengirim dan menerima data) dan peningkatan penyimpanan data mungkin memerlukan pengaturan web-hosting yang disesuaikan. Dalam kasus lain, Anda mungkin ingin membeli peralatan tertentu dan host website di lokasi Anda. Untuk panduan ini, kami menganggap Anda hanya akan perlu solusi yang sederhana (mungkin bahkan gratis) untuk hosting website Anda.

Merancang sebuah website
Sebuah website sederhana dapat memanfaatkan desain template yang tersedia dari Anda layanan web hosting atau dari sumber lain, termasuk penayang situs web dan perangkat lunak. Berikut adalah beberapa link ke sumber daya web yang terkait dengan desain dan template gratis:
HTML Help - mudah untuk memahami situs dasar tentang membuat situs web Anda sendiri
Web Desain Wikibooks.org panduan membuat web desain.

Jika anda sudah selesai membuat website agar usaha kecil menengah anda sukses, maka langkah selanjutnya adalah perlu belajar tips trik SEO (search engine optimization) atau optimasi mesin pencari di blog ini agar orang dapat lebih mudah menemukan website anda. Bagaimana Trik Rahasia Sukses Bisnis Usaha Kecil Menengah dengan Bantuan Google

3 Januari 2012

Google Chrome Dihukum Google Karena Membeli Link

Ada sesuatu info terbaru yang menghebohkan saat saya membaca status dari Matt Cutts (Kepala Tim Webspam Google), bahwa situs resmi Google Chrome telah dihukum Google sendiri (melalui tim Webspam) karena membeli link lulus untuk peringkat PageRank. Seperti yang kita ketahui bahwa situs resmi yaitu www.google.com/chrome adalah tempat resmi untuk download browser Chrome.

Membeli link yang lulus PageRank tidak sesuai dengan Webmaster Guidelines tentang pedoman kualitas. Google Webspam telah tindakan hukum secara manual pada menurunkan peringkat google.com/chrome pada SERP's selama 60 hari . Hukum telah membuat peringkat Google Chrome harus pada peringkat 50 secara global.
Berikut pernyataan Google melalui Matt Cutts di Google+
"Saya akan memberikan ringkasan singkat, maka saya akan menjelaskan respon tim webspam itu. Google berusaha untuk membeli iklan video tentang Chrome, dan posting ini adalah hasil disponsori sengaja itu. Jika Anda menyelidiki dua lusin atau lebih posting disponsori (sebagai tim segera melakukan webspam), tulisan biasanya menunjukkan video Google Chrome tetapi tidak benar-benar link ke Google Chrome. Kami dua kali memeriksa, dan para pemain video tidak mengalir PageRank ke Google dengan baik."

"Namun, kami tidak menemukan satu posting sponsor yang terhubung ke www.google.com / chrome dengan cara yang mengalir PageRank. Meskipun maksud dari kampanye ini adalah untuk membuat orang untuk menonton video - tidak link ke Google - dan meskipun kami hanya menemukan posting disponsori tunggal yang benar-benar terhubung ke halaman Google Chrome dan lulus PageRank, yang masih merupakan pelanggaran pedoman kualitas kami, yang dapat Anda temukan di http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=35769#3.
Sebagai tindaklanjut, tim webspam telah mengambil tindakan manual untuk menurunkan www.google.com/chrome sekurangnya selama 60 hari. Setelah itu, seseorang di sisi Chrome dapat mengajukan permintaan peninjauan kembali mendokumentasikan mereka clean-up seperti perusahaan lain. Selama 60 hari, PageRank dari www.google.com / chrome juga akan diturunkan untuk mencerminkan kenyataan bahwa kita juga tidak akan percaya link keluar dari halaman tersebut."
Beberapa kata kunci Google Chrome seperti :
1. chrome
2. browser
3. google chrome
4. browser web
5. dan query-query yang menjadi deskripsi dan konten Google Chrome.
Tidak akan tampak pada halaman pertama (posisi #1 sampai #5) seperti sebelumnya, untuk saat ini akan tampil pada halaman 5 untuk situs Google sendiri dengan PageRank 9 dengan relevansi kata kunci sangat kuat.

Seperti anda ketahui Google Chrome telah melakukan kampanye secara besar-besaran secara global. Baik melalui iklan televisi maupun internet. Kampanye Google Chrome juga merambah iklan-iklan pada televisi Indonesia akhir-akhir ini tentang nilai manfaat dari browser chrome.

Saat kampanye Chrome inilah banyak situs yang menjadi afiliasi chrome membuat link dan video tentang kegunaan chrome dengan label "sponsored by google". Sebagian besar situs-situs tersebut merupakan usaha kecil menengah yang dibantu oleh chrome. Sehingga posting blog pun mempunyai konten yang sama, seperti keharusan untuk membuat video tentang kegunaan browser chrome yang telah membantu usaha kecil menengah. Hal ini mungkin mirip dengan posting dalam "kontes seo".


Link yang menghubungkan dengan www.google.com/chrome ternyata lulus PageRank. Sebenarnya jika sponsored by google maka link harus "nofollow" bukan dofollow.

Menganalisa kejadian bagaimana chrome telah dihukum oleh Tim Webspam Google yaitu:
1. Google melalui Tim Webspam benar-benar memegang tinggi aturan yang mereka buat tentang link beli. Membeli link akan membuat situs harus dihukum sesuai aturan google, pada chrome dengan menurunkan peringkat selama 60 hari dan akan diadakan peninjauan kembali apakah sudah bersih benar terhadap link dari situs afiliasi chrome.

2. Ternyata PageRank masih memegang penting untuk peringkat SERP's, walaupun Google telah berkali-kali membuat pernyataan bahwa "tidak menghitung lagi PageRank sebagai peringkat SERP's". Kenyataan chrome masih memerlukan PageRank untuk peringkat kata kunci mereka. Jika Google tidak berbasis PageRank mengapa link beli lulus PageRank "harus mendapat hukuman". Apakah sejak pernyataan Google tidak berbasis PageRank orang-orang ramai membuat optimasi berbasis kualitas konten lalu ada perubahan algoritma search engine berubah ke berbasis PageRank???

3. Jika link beli lulus PageRank dihukum, maka Google pada tahun 2012 sampai 2017 tetap menggunakan PageRank untuk peringkat SERP's dengan meneruskan ijin non eksklusif dari Stanford University untuk penggunaan PageRank, seperti ulasan tentang prediksi SEO Jika Google tidak memakai pagerank.

Google chrome telah dihukum selama 60 hari untuk kata kunci di dalam konten chrome untuk peringkat SERP's karena "membeli link" jadi strategi SEO anda haruslah sesuai dengan pedoman webmaster google. Karena google pasti tahu bila anda telah mengakali dengan berbagai trik SEO licik untuk mengakali search engine.

2 Januari 2012

Perubahan Algoritma Search Engine Setiap Jam!

Perubahan algoritma search engine (SE) atau mesin pencari berubah setiap jam untuk mencegah praktek-praktek licik dari SEO, seperti trik licik dengan coding. Algoritma adalah sebuah rumus matematika yang mengatur langkah-langkah instruksi atau prosedur cara kerja mesin pencari. Algoritma SE mengatur kata-kata, yang kita kenal dengan kata kunci / keyword atau frase.

Jadi algoritma SE bukan untuk menorganisir situs. Organisasi situs dalam proses pengindeksan dilakukan oleh Bots SE / Crawler / Spider yang yang diprogram untuk pengambilan data-data relevansi dari sebuah halaman situs dengan mengikuti link (URL) menurut algoritma relevansi untuk kata kunci dan lainnya yang cocok dengan faktor dalam SERP’s yang sudah melalui proses algoritma. Proses ini sangat berbeda sekali dengan pengaturan algoritma SE untuk kata kunci.

Algoritma selalu berubah tidak seorang pun yang tahu, hanya programmer SE Google yang tahu kapan algoritma berubah. Jika algoritma tidak berubah, seorang webmaster berpengalaman dapat menggunakan software algoritma dengan strategi SEO licik. Software ini digunakan untuk mencari tahu rumus matematika yang tepat dan kemudian membuat program kode untuk website mereka yang akan memberikan mereka jaminan selalu posisi nomor satu di SERP’s untuk kata kunci /frase. Google mengklaim mempunyai kurang lebih 200 sinyal untuk peringkat SE. Alasan perubahan algoritma google juga untuk kepentingan pengguna SE atas permintaan pencarian

Sekarang banyak sekali toolbar SEO pada browser. Seperti toolbar SEO dari seomoz, seoquake, alexa, dan masih banyak lagi baik gratis maupun premium dapat menganalisa posisi kata kunci/frase pada SERP’s. Toolbar langsung memberikan analisa dasar sampai detil-detil lebih rinci mengapa suatu kata kunci tersebut berada di posisi satu, dua, tiga dan seterusnya. Bagaimana mereka dapat mengalahkan kata kunci / frase dengan hasil penemuan 100 juta hasil bisa posisi nomor satu. Seorang programmer dapat membuat beberapa coding licik untuk mengakali SERP’s sehingga akan membuat kekacauan dalam mesin pencari terutama pada pusat data search engine.

Algoritma Google


Pusat data SE Google.co.id yang mungkin untuk diakali dengan coding algo licik yaitu :
1. yw-in-f104.google.com (74.125.47.104)
2. bf-in-f104.google.com (72.14.209.104)
3. bs-in-f189.google.com (64.233.163.189)
4. mad0s03-in-f184.google.com (72.14.235.184)
5. mu-in-f17.google.com (209.85.135.17)

Google mulai tahun 2003 telah menghentikan praktek SE dengan algoritma licik dengan selalu membuat perubahan pada algoritma setiap hari kadang bisa sampai 4 – 5 kali dalam sehari. Algoritma MSN (bing dan Yahoo! mempunyai algortima SE sama) pun juga mengikuti Google selalu membuat perubahan pada algoritma minimal 2 – 4 kali dalam setahun membuat perubahan besar pada algoritma SE. Oleh karena itu akan mengenal sandbox yaitu masa transisi dari suatu perubahan algoritma SE.

Perubahan-perubahan algoritma ini harus dapat anda antisipasi dengan membuat beberapa standar wajar jangan pada titik maksimal. Mungkin beberapa tips SEO dari saya tentang kepadatan (pengulangan) kata kunci sebesar 3 – 6%, anda menggunakan 6%. Saat algoritma berubah bahwa kepadatan kata kunci maksimal 4%, peringkat anda langsung jatuh bahkan mungkin terlempar dari SERP’s. Saat anda mengetahui hal ini segera evaluasi konten situs anda. Alogritma SE mungkin telah berubah untuk nilai kepadatan kata kunci.

Pada tahun awal tahun 2011 sampai pertengahan tahun, dapat rumus matematika dari skor Google adalah :
Skor Google’s = (Skor Penggunaan Kata Kunci * 0,3) + (Domain * 0,25) + (Skor PR * 0,25) + (Skor Link Inbound * 0,25) + (Data Pengguna * 0,1) + (Skor Kualitas Konten * 0,1) + (Peningkatan Manual) - (Penalti Otomatis & Manual)
Angka perkalian menunjukan faktor redaman dalam skor Google terus berubah setiap saat. Tetapi janganlah mengangap ini adalah rumus baku skor Google seperti rumus matematika yang tidak akan berubah. Faktor redaman dan metrik terus berubah untuk mengurangi aksi licik coding pada algoritma SE Google.

Meskipun perubahan algoritma search engine berubah setiap jam, tetapi ada beberapa hal mendasar dalam komponen algoritma yang mungkin tidak berubah, tetapi nilai metrik dan faktor redaman yang berubah. Hal dasar SEO yang harus diperhatikan itu adalah :
1. Skor Kualitas Konten
  • Bukan duplikat konten, konten orisinil, unik dan informatif
  • Urutan kata-kata kunci dalam konten
  • Frekuensi pembaruan konten
  • Memperhatikan dan visibilitas kata kunci
  • Ejaan dan Tata bahasa
  • Penggunaan dan aturan sesuai W3C
2. Skor Penggunaan Kata Kunci
  • Kata kunci dalam tag judul
  • Kata kunci dalam tag Header
  • Kata kunci dalam tag deskripsi
  • Kata kunci dalam tag alt
  • Kata kunci dalam link internal menunjuk ke halaman sendiri
  • Kata kunci dalam domain / atau URL
  • Kata-kata kunci sering muncul


3. Domain
  • Kekuatan Domain
  • Kecepatan Domain
  • Lokal / nama domain yang spesifik
  • Kualitas Hosting


4. Skor PageRank (PR)
  • Ketika Domain didaftarkan
  • Kekuatan link yang menunjuk ke domain
  • Lingkungan topikal dari domain berdasarkan link inbound dan outbound
  • Menggunakan pola historis dan link ke domain
  • Inbound link dan referensi dari media sosial
  • Skor Inbound link

5. Skor Link inbound
  • Kualitas domain mengirimkan link (non dibayar)
  • Link dari Website Otoritas
  • Kualitas mengirimkan link halaman dan relevansi
  • Link teks jangkar
  • Kuantitas / berat metrik (Page Rank atau variasi)
  • Beberapa masalah menghubungkan halaman / situs
  • Data Pengguna

6. Data Pengguna
  • Historis RKPT ke halaman di SERPs
  • Waktu yang dihabiskan pengguna pada halaman
  • Permintaan pencarian untuk URL / domain penuh
  • Sejarah kunjungan / penggunaan URL / domain oleh pengguna

7. Peningkatan Manual
Peningkatan trafik dan arahan link secara alami dan manual bukan robots.

8. Penalti secara otomatis maupun manual
Perolehan skor –skor tersebut diatas akan dikurangi jika situs anda mendapat penalti dari Google. Beberapa penalti disebabkan oleh seperti saya jelaskan pada 10 hal yang harus dihindari membangun link.
Disamping itu juga dapat sebabkan jika Anda menggunakan media sosial untuk “tujuan tunggal meningkatkan peringkat Anda”, Google mungkin menghukum website Anda. Google tidak akan menghukum situs Anda jika Anda menggunakan saluran ini untuk kegiatan normal.
  • Forum
  • Facebook
  • Twitter
  • Direktori Katagori
  • Submissions Artikel
  • Blog
  • Terlalu banyak 1 ke 1 Link Exchange
  • Link Dibayar
  • FFA’s (sebagian besar dari backlink gratis)

Beberapa perubahan halus algoritma Google dapat seperti :
1. IP address pengguna
Jika anda berada di Indonesia, google.com akan redirect ke google.co.id. Situs anda sama dengan negara pengguna peringkat akan naik.

2. Lokasi pengguna
Jika situs anda satu kota dengan pengguna, peringkat anda naik.

3. Aktifitas RKPT (Rasio Klik Per Tayang)
Jika pengguna pernah klik situs anda peringkat akan naik untuk pengguna lain. Pada pengguna yang sama atas query yang sama cenderung akan hilang pada SERP’s atau turun.

4. Kesegaran konten
Semakin baru tanggal penerbitan akan semakin naik untuk beberapa hari. Saat promosi peringkat atas kesegaran konten, situs dengan RKPT bagus, peringkat cenderung tetap dan sebaliknya bila RKPT jelek cenderung turun bahkan terlempar dari SERP’s

5. Tingkat bouncing/pantulan
Jika tingkat bouncing tinggi peringkat turun, jika ada yang mencekal hasil SERP peringkat akan semakin menurun.

6. Aktifitas +1’s
Jika anda klik +1 di SERP’s peringkat situs akan naik dan profil google anda akan terlihat. Saat +1 hanya berlaku di Google.com, masih belum berlaku untuk Google.co.id
7. dan seterusnya….

Beberapa saran untuk anda pada tahun 2012 yang perlu diperhatikan :
  • Host website Anda pada Internet Service Provider super cepat
  • Gunakan CSS sebanyak mungkin dan sesuai dengan kegunaan situs
  • Menulis artikel berkualitas atau konten, bukan kuantitas konten
  • Mengkonversi situs web Flash untuk sebuah website HTML
  • Sedapat mungkin Ekspor Flash animasi
  • Gambar dan ukurannya untuk minimum tanpa kehilangan kualitas
  • Uji website Anda di berbagai browser dan perangkat telepon selular
  • Membuat website Anda Google Friendly

Kecenderungan algoritma Search engine untuk masa datang adalah menyukai situs dengan navigasi atau loading situs lebih cepat. Karena setiap saat selalu ada kemunculan situs baru, sehingga membutuhan banyak server untuk mengindeks situs setiap harinya. Saat ini Google diperkirakan mempunyai jumlah server sebanyak 700.000 dan terus berkembang yang tersebar dari 100 pusat data di seluruh dunia. Sehingga Google merupakan perusahaan TI penghasil emisi karbon (CO2) di bumi. Jadi ke depan algoritma akan menyukai desain situs yang ramah lingkungan.

Setiap hari dalam beberapa jam mungkin algoritma Search engine berubah. Perkembangan demi perkembang dinamika tips trik SEO, itu karena menyesuaikan algoritma yang terus berubah. Prediksi SEO arah perubahan algoritma yang terjadi dan masa akan datang. Perubahan algoritma berubah setiap jam , jadi jangan terlalu fokus untuk mencari bagaimana algoritma bekerja untuk sekarang.