11 Oktober 2011

Rahasia SEO Google Panda 2.5

Seperti yang kita ketahui bahwa algoritma Google Panda 2.5 berbasis pada konten bukan backlink PageRank (PR). Google menempatkan otoritas manusia sebagai penentuan peringkat blog pada SERP's (Search Engine Result Page's) atau Halaman Hasil Mesin Pencari. Algoritma Google Panda sangat rahasia, selalu berubah secara halus tanpa diketahui oleh siapapun. Mengadakan penelitian lebih lanjut mengapa suatu situs berada pada peringkat #1 SERP’s sangat baik untuk strategi SEO di masa datang. Strategi SEO memerlukan kesabaran dan waktu lama. SEO memerlukan proses sehingga dampak strategi SEO dapat dirasakan beberapa bulan ke depan tidak seketika itu juga.

Dalam SERP's terdapat urutan situs atau blog yang menjadi pencarian bagi pengguna Google atas pencarian sebuah query atau kata-kata. Misal : anda mencari "sumberjambe". Untuk menentukan peringkat pertama dan peringkat selanjutnya di SERP's, Google menggunakan beberapa faktor algoritma mereka.

Mengenal beberapa faktor penting untuk strategi SEO (Search Engine Optimization) atau Optimasi Mesin Pencari. Maksudnya adalah memberikan sesuatu yang “terbaik” dengan mengoptimalkan apa-apa yang ada di dalam blog atau di luar blog. Saat memberikan terbaik apa yang dibutuhkan oleh mesin pencari untuk menentukan urutan teratas peringkat blog di SERP’s, Google akan menempatkan blog pada urutan #1 atau #2 atau #3 dan seterusnya sesuai dengan database indeks peringkat blog anda. Tingkat indeks peringkat terdiri beberapa faktor-faktor.

Rahasia SEO Google untuk faktor paling utama adalah kekuatan relevansi kata yang dicari oleh pengguna Google, yang selanjutnya kita menamakan sebagai kata kunci atau keywords. Dalam SERP’s keywords yang dicari tercetak huruf tebal. Saat itu kita bisa mengamati beberapa tempat kata tercetak tebal, itu adalah beberapa tempat anda melakukan SEO pada keyword anda untuk meningkatkan relevansi keywords.

Kekuatan relevansi keywords ditentukan oleh :

  1. Keywords ada pada nama domain. Misal : *keywords*.blogspot.com. Ini yang dinamakan sebagai otoritas domain. Otoritas domain memberikan poin paling tinggi pada kuatnya relevansi pencarian.
  2. Keywords ada pada judul blog. Membuat judul blog dengan menggunakan meta tag. Meta tag judul blog maksimal 70 karakter.
  3. Keywords pada dekripsi atau penjelasan pada blog. Gunakan deskripsi yang menarik agar orang mau klik saat blog ada pada halaman pertama. Deskripsi ibaratnya suatu kata-kata iklan yang menggoda agar pengguna Google mau klik untuk berkunjung pada blog anda. Membuat Meta tag deskripsi pada template blog.
  4. Keywords ada pada judul posting artikel : Keywords yang ingin anda target tempatkan pada awal judul artikel. Ini memberi nilai lebih besar atas relevansi keywords baru kata-kata selanjutnya.
  5. Keywords ada pada isi ulasan posting artikel. Maksudnya adalah kata dalam judul artikel HARUS ADA pada isi artikel dengan pengulangan kata tersebut sebesar 3 - 6% saja.
  6. Keywords populer adalah kata-kata yang banyak dicari dimasukkan oleh pengguna google dan menjadi saran pencarian. Saran pencarian yaitu saat mengetik satu dua huruf, mesin pencari akan secara otomasi membuat saran pencarian tersebut dalam daftar kata-kata di bawahnya. Ini menandakan keyword tersebut banyak dicari orang. Atau ke Google Adwords untuk mencarinya.


Rahasia SEO Google selanjutnya adalah menghitung perilaku pengunjung pada blog anda. Penentuan peringkat blog bisa pada homepage dan halaman blog atau pada posting artikel blog. Sehingga kita bisa melihat bahwa satu sama lain artikel blog mempunyai peringkat yang berbeda.

Faktor kedua adalah perilaku pengunjung blog, meliputi antara lain :

  1. Berapa lama pengunjung ada pada blog anda? Semakin lama semakin baik menandakan orang sangat nyaman dan betah pada blog anda. Blog anda memberikan apa-apa yang mereka ingin butuhkan, ketahui, kesenangan, informasi, pengetahuan dan lainnya.
  2. Apakah pengunjung mengklik halaman lain pada blog anda?
  3. Saat Google mengarahkan ke blog anda, apakah pengunjung kembali ke SERP's? Istilahnya adalah tingkat bouncing (menekan tombol BACK pada browser) sehingga pada SERP's, Google memberi saran : "Cekal blog ini pada hasil SERP's". Semakin sedikit tingkat bouncing semakin Baik.
  4. Apakah orang mau berbagi Google Plus One atau tidak? Semakin banyak orang menekan tombol Google +1 memberikan tanda kepada Google bahwa konten halaman anda sangat bermanfaat. Karena mempunyai nilai manfaat maka Google akan memberikan peringkat yang lebih baik karena Google berkeyakinan konten anda sangat bermanfaat bagi orang bukan bot mesin pencari. Bila blog anda belum tersedia tombol Google +1 karena mungkin saja template blog anda sudah berubah anda dapat mengunjung situs Google+ button . Masuk ke link tersebut dengan account google anda. Segala Petunjuk sudah diberikan di sana.
  5. Berapa orang mau berbagi konten pada teman-teman mereka? Misal : Share ke Facebook, tweets, Digg, delicius dan pada widget lainnya. Ini juga membuktikan nilai manfaat bagi konten anda.
  6. Berapa orang klik iklan Google Adsense anda? Google juga berkepentingan untuk bisnis mereka. Semakin banyak orang klik iklan secara jujur akan meningkatkan peringkat situs atau halaman blog anda. Perolehan klik adsense memberikan saran tentang iklan yang terbaik untuk situs atau halaman anda. Juga klik iklan yang lain menandakan blog anda memberikan sesuatu nilai manfaat lain atas pengalaman pencarian pengguna Google. Ini membuktikan bahwa apa yang anda tawarkan berguna bagi mereka sehingga mereka mau klik iklan anda.
  7. Berapa orang memberikan komentar atas posting artikel anda? Ini menandakan bahwa orang mau berbagi saran, kritik, pendapat, tanggapan dan lain. Hal ini menunjukkan orang bersimpati terhadap artikel yang anda buat. Anda pun menjawab terjadilah suatu komunikasi antara anda dan pengunjung. Terjadinya komunikasi dua arah menandakan suatu “kehidupan sosial yang nyata”. Kehidupan sosial yang nyata adalah aspek seo terbaru google. Google menginginkan internet seperti kehidupan nyata.

Rahasia SEO Google untuk Faktor Ketiga adalah Pengaturan di dalam halaman (On Page) blog anda juga merupakan faktor penentuan peringkat Google Panda 2.5. Orang mengatakan SEO Friendly. Artinya halaman sangat bersahabat dengan bot/crawler/spider mesin pencari saat merangkak pada situs.

Aliran bot lancar tanpa terkendala sehingga semua artikel blog dengan cepat diindeks oleh bot mesin pencari. Faktor On Page meliputi :

  1. Apakah ada kesalahan (error) dan peringatan (warning) elemen meta pada template html blog anda? Kesalahan dan peringatan atas elemen meta dapat anda ketahui dengan membuat validasi di situs w3c.org. Untuk klik : Validator meta html . Tidak semua webmaster memahami elemen meta html pada template blog, termasuk saya. Banyak error dan warning pada blog ini yang tak mampu saya perbaiki. Bila anda mampu baik dalam teknis maupun belanja sebaiknya anda memperbaiki sendiri atau dengan bantuan orang yang mengerti tentang bahasa html atau platform pada blog anda. Ini juga sangat penting.
  2. Penggunaan anchor text atau teks jangkar pada link di halaman atau artikel blog sebagai backlink internal blog anda. Anchor text memuat keywords dengan tujuan untuk meningkatkan otoritas keywords tersebut. Saat bot mesin pencari menghitung link tersebut maka anda memperoleh satu tambahan poin untuk kenaikkan keywords pada link anchor text tersebut. Link Anchor text blog ini berwarna merah.
  3. Apakah ada link terputus (broken link)? Maksudnya adalah link yang anda tunjuk pada situs atau halaman adalah benar. Alamat http-nya benar langsung pada situs yang anda tunjuk. Saat link terputus bot akan tersumbat pada link tersebut. Link terputus mempengaruhi SEO karena bot akan berhenti merangkak sehingga tidak melanjutkan untuk mengindeks secara keseluruhan blog.
  4. Apakah anda memberi jalan bagaimana bot mengindeks blog? Memberitahu jalan yang harus diindeks dan tidak diindeks oleh bot. Semua tergambar pada peta situs atau sitemap. Ini untuk memudahkan dan mempercepat bot mengindeks halaman blog. Pada sebagian situs memberitahu bot agar bot tidak mengindeks halaman data konsumen, file dot cgi, rahasia situs, yang mana tidak setiap orang boleh mengetahui. Memberitahu dan memudahkan bot akan dapat juga mempengaruhi bagaimana mesin menentukan peringkat anda.
  5. Berapa cepat navigasi blog anda? Berapa detik loading blog? Semakin cepat browser memuat sempurna blog akan mempengaruhi juga peringkat blog anda. Semakin cepat loading blog semakin baik peringkat anda. Semakin kecil ukuran file template blog akan semakin cepat. Diusahakan berukuran dibawah 150 kb, bila lebih memerlukan beberapa alat untuk mempercepat loading blog. Hal ini juga memberikan rasa nyaman pengunjung karena tidak menunggu lama loading blog selesai. Semakin lama akan membuat mereka cepat-cepat meninggalkan blog anda.
  6. Bot/Crawler/Spider mesin pencari ibaratnya adalah petugas pengambil data. Melayani petugas dengan baik apa-apa yang dibutuhkan oleh bot sehingga mereka pulang dengan membawa data yang lengkap tak kurang satu pun sehingga data semua faktor untuk menentukan peringkat ada datanya dan memberikan tambahan beberapa poin untuk peringkat anda. Misalnya bot ingin mencari sesuatu data tetapi tidak diperoleh pada blog karena mereka kesulitan untuk mencari data yang dimaksud pada blog anda. Akhirnya bot menganggap blog tidak ada data dimaksud padahal blog anda mempunyai perolehan data yang dimaksud. Sehingga blog anda tidak memperoleh tambahan poin.
  7. Membuat desain blog yang bagus, rapi, layout dan lainnya. Ini akan membuat image tersendiri bagi blog anda dan juga membuat betah pengunjung.

Google Panda 2.5 menitikberatkan pada faktor perilaku pengunjung blog untuk mengukur kualitas konten blog. Semakin tinggi kualitas konten semakin baik peringkat blog atau keywords anda. Filosofi Algoritma Panda adalah “Hasil SERP’s nyata, berasal dari orang nyata, dibuat oleh orang nyata karena SERP’s untuk orang nyata”.

Untuk itulah Panda lebih sedikit menghitung faktor optimasi oleh webmaster. Pengalaman mengajarkan bahwa Panda harus percaya pengguna internet daripada webmaster.

Ini adalah faktor di dalam situs (onpage), faktor di luar situs (offpage) penempatan link situs blog anda pada situs lain. Akan dikupas tuntas pada artikel yang mendatang. Tetapi sebagai pemanasan anda dapat mengunjungi artikel tentang 10 hal yang dihindari dalam membangun link

1 komentar:

Web saya kemaren sempat kena dampao google panda. . Tapi.untung saja masih bisa di atasi

Posting Komentar